CRY OF THE SEA” SHORT ANIMATION

Cry of the Sea adalah film animasi yang berceritakan tentang pencemaran laut disini penulis mendapatkan inspirasi dari video musik yang berjudul Birthplace yang dibawakan oleh band asal britania raya bernama Novo Amor lalu setelah menulusi lebih dalam ternyata masyarakat pesisir dunia menghasilkan lebih dari 3,22 juta ton meter sampah plastic yang tidak dikelola,Dan Indonesia sendiri ada di posisi ke-4 pencemaran sampah plastic tertinggi. Tujuan penulis membuat animasi pendek ini adalah ingin mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan terutama laut. Penulis membuat animasi pendek ini dalam bentuk 3d

Konsep awal animasi ini adalah tentang romansa seorang manusia yang cinta dengan laut dan disini laut dipersonafikasikan melalui narasi sehingga laut bercerita .Sehingga animasi ini berceritakan tentang relasi dan laut yang dan manusia yang mulai merenggang dengan seiringnya waktu.Hal ini disampaikan oleh laut kepada seorang manusia yang sangat mencintai laut ,dan orang ini bermain di pantai ,dan ketika menyelam seketika laut mengalami perubahan. Seluruh makhluk hidup musnah dan digantikan oleh sampah yang mengelilingi seorang manusia tersebut. Dan saat itu juga laut mulai bercerita.

Ada satu karakter di animasi ini yaitu Adam disini adam dikisahkan sebagai orang yang sangat mencintai laut.Dia setiap hari bermain di lautan karna itu salah satu hobbi sekaligus hal yang tidak bisa dipisahkan darinya.Awalnya disini penulis menggunakan gambar untuk mengkonsep karakter tersebut. Lalu merubah gambar tersebut menjadi 3d.

Berikut adalah pembahasan mengenai environment, yang penulis gambarkan situasi pantai yang terinspirasi dari pantai pink di Lombok. Dan penulis mengambil referensi dari game abzu untuk pendekatan environtment yang ada.Seperti halnya pembuatan karakter penulis menggambar konsep tersebut lalu baru mengubah gambar tersebut menjadi 3d.