BEHIND THE ANIMATION OF GARUDA, NAGA, AND CURSE OF KADRU

Dalam mengerjakan tugas kolaborasi, sangatlah penting adanya komunikasi yang sangat lancer dan jelas, terutama dalam bagian terpenting dalam proses penciptaan animasi pendek ini yaitu tahap pre-produksi konsep. Sebagai kelompok kami menyetujui dalam adaptasi cerita Mahabharata dengan latar belakang bahwa kurangnya pengetahuan dan awareness masyarakat umum tentang Mahabharata, Garuda sebagai karakter. Setelah mengadakan survey terhadap Target audience kami yang terdiri dari remaja umur 18 sampai dewasa, dan sebagai kelompok menarik kesimpulan bahwa kebanyakan tidak mengetahui Garuda sebagai karakter dan hanya sebagai lambang negara saja, Maka dari itu kami memutuskan untuk merepresentasikan Mahabharata serta cerita Garuda Wisnu Kencana dalam bentuk animasi pendek 3D tidak hanya itu, Pencak Silat sebagai bela diri nasional juga direpresentasikan dalam animasi pendek 3D ini yang akhirnya kami sebagai kelompok beri judu “Garuda, Naga, And Curse of Kadru”.
Selama proses pemilihan adegan Pencak Silat sebagai referensi, saya sebagai animator bekerja sama dengan concept artist kelompok untuk memutuskan style Pencak Silat yang sesuai dengan konsep cerita, Dan setelah melihat dan meneliti berbagai referensi video dan adegan Pencak Silat dalam Film kami memutuskan untuk memilih aliran Bhakti Negara dari Bali serta Tiga Berantai dari Betawi, dimana Bhakti Negara sebagai bentuk representasi budaya Hindu serta Tiga Berantai sesuai dengan adegan film The Raid(2011) garapan Gareth Evans. Dengan ini animasi pendek ini dapat menunjukkan bahwa Pencak Silat sebagai bela diri nasional memiliki banyak aliran yang merepresentasikan budaya dan identitas mereka.

Dalam tahap Produksi 3D proses workflow animasi dibagi dari modelling, Rigging, Animating, Exporting dan akhirnya VFX, sebagai Animator kelompok saya memulai semua dari proses Rigging terlebih dahulu dimana sesuai konsep yang disiapkan oleh concept artist kelompok saya membuat Rig Biped serta menambah bone pada aksesoris secondary action rig. Tidak hanya itu juga terdapatlah Rig Hellhand yang menjadi bagian adegan klimaks dimana Naga ditarik ke dalam tungku api sebagai bentuk kutukan dari Kadru, Rig tersebut merupakan Rig tangan yang memiliki kedua fungsi IK, dan FK serta memiliki kemampuan untuk stretch agar dapat merepresentasikan horror neraka yang berusaha menghentikan penyelamatan Garuda terhadap Saudaranya. Setelah setiap Animation Sequence diselesaikan dan di export sebagai FBX, proses VFX dapat dimulai dalam Unreal Engine setelah setiap animasi sudah diberikan approval oleh Concept Artist dan setiap file FBX animasi sudah di-import ke dalam Unreal Engine.

Proses pembuatan animasi kolaborasi ini memiliki banyak proses dan tantangan yang harus dihadapi, tetapi dengan semangat kuat, tujuan pasti, dan komunikasi yang lancar, proyek animasi “Garuda, Naga, And Curse of Kadru” dapat diselesaikan dengan sangat baik dan sesuai target. Dengan Artikel ini dapat dilihat sekilas pandang dari proses yang dijalankan dalam penciptaan animasi pendek 3D ini yang berjudul “Garuda, Naga, And Curse of Kadru”,