Deskripsi project ( jenis karya, tujuan karya , premis dll, yang bersifat untuk pembukaan sebuah artikel)
MAS! adalah sebuah film animasi pendek 2D yang menceritakan kisah seekor ikan mas yang akan dijual dan perjalanannya menuju kebebasan. Film ini mengangkat salah satu unsur budaya Indonesia yaitu pedagang ikan hias kaki lima. Unsur itu diangkat karena Pedagang Kaki Lima (PKL) adalah budaya yang unik di Indonesia dan belum ada film animasi yang mengangkat tema itu.
Animasi dalam film MAS! sangat penting karena melalui gerakan-gerakan, tokoh-tokoh fiktif seperti Mas si Ikan Mas dan Mamang si Pedagang dapat hidup. Namun, dibandingkan animasi 3D, animasi 2D memiliki kekurangan yaitu memakan banyak waktu dan tenaga. Untungnya, terdapat suatu teknik bernama animation smear, dimana kita dapat mengakali ilusi pergerakan. Menurut sebuah studi di Jepang, Animation Smear sendiri bisa dibagi menjadi 3, yaitu: Speed Lines, After-images, dan Deformation.

Deskripsi Pembahasan
Lines, yaitu teknik smear dengan menggunakan speed lines. Garis ini digambar searah dengan arah gerak objek dan dimulai dari bagian belakang objek tersebut. After-images, yaitu teknik smear dengan meniru keseluruhan atau sebagian objek, atau kontur dari bagian belakang objek. Deformation, yaitu deformasi garis bergerigi dari bagian belakang kontur objek.
Teknik ini sudah sering dipakai pada animasi-animasi terkenal, berikut ini beberapa contoh dari serial animasi di televisi: Superman (1941), Spongebob Squarepants, dan Steven Universe.

Sehingga, teknik ini sangat penting dalam pembuatan film animasi MAS!. Karena film ini membutuhkan gerakan yang luwes dan ekspresif, serta keterbatasan waktu dan tenaga, penggunaan animation smear sangat membantu. Berikut contoh pengaplikasian dalam film MAS!.