“Metode Jarimatika” merupakan sebuah animasi edukasi yang membahas mengenai suatu cara menghitung matematika yang mudah dan menyenangkan dengan menggunakan jari tangan sendiri. Animasi ini di sajikan dalam bentuk flat design dengan menggunakan warna-warna cerah yang bisa menarik perhatian para orang tua dan anak untuk menontonnya.
Ketrampilan berhitung adalah salah satu ketrampilan dasar yang perlu dikuasai oleh anak dan jarimatika sangat membantu anak yang mengalami kesulitan belajar berhitung atau matematika.

Jarimatika lebih menekankan pada penguasaan konsep terlebih dahulu baru kemudian ketahap cara cepatnya, sehingga anak dapat menguasai ilmu secara matang. Metode jarimatika disampaikan secara menyenangkan sehingga anak akan merasa senang dan mudah menerimanya.
Sepertinya halnya dalam operasi penjumlahan dan pengurangan, dalam operasi perkalian dan pembagian ini dapat dilakukan perhitungan dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan 10 jari saja.
Jarimatika akan membantu orang tua dan anaknya mengenali proses berhitung dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Karena pada prinsipnya anak akan senang bila diajak bermain. Dan jarimatika ini hadir dalam bentuk yang mudah diadaptasikan dalam bentuk permainan jari tangan, sehingga anak akan mudah memahami proses berhitung dengan menyenangkan. Dan yang lebih penting lagi metode jarimatika ini membantu anak yang sebelum fobia dengan berhitung dan matematika menjadi tidak fobia lagi.

Penulis tertarik untuk membuat animasi edukasi yang membahas metode jarimatika dengan teknik motion graphic, karena menurut penulis metode jarimatika merupakan salah satu alternatif metode berhitung untuk anak yang mempunyai problem belajar dengan berhitung atau matematika, sehingga diperlukan suatu metode khusus agar metode jarimatika ini dapat dikenal oleh masyarakat dengan lebih mudah dan cepat dipahami dan mengingat masih minimnya budaya membaca dalam masyarakat Indonesia yang menyebabkan sebagian besar mereka sulit untuk memperoleh informasi.