The Making of Toby & Oliver

Latar belakang yang mendasari terciptanya Toby & Oliver adalah keadaan lingkungan laut saat ini yang banyak mengalami pencemaran. Sebelum memulai proses produksi dari Toby & Oliver saya membuat beberapa sketsa konsep yang menjadi dasar dari karakter yang nantinya akan menjadi pemeran utama pada film animasi ini. Berikut adalah konsep dari kedua karakter yang menjadi pemeran utama dalam film animasi ini.

Setelah selesai merancang konsep saya pun melakukan proses produksi pertama yaitu membuat 3D Model dari kedua karakter yang sudah selesai di design, pada tahap ini saya harus mempertimbangkan bagaimana looks dari kedua karakter ini dalam bentuk 3D, dan setelah melakukan beberapa trial and error akhirnya saya mendapatkan hasil 3D seperti gambar yang ada dibawah ini.
Setelah selesai melakukan modelling, sayapun melanjutkan ke proses animating dan setelahnya melakukan proses compositing yang merupakan proses yang cukup penting untuk membuat mood yang sesuai, namun dikarenakan hasil raw render sudah cukup bagus, maka compositing yang saya lakukan tidak begitu extreme dan hanya membersihkan dan memperbagus hasil render yang sudah ada. Untuk tugas akhir saya ini, saya menggunakan marmoset toolbag sebagai software untuk merender semua shot yang ada di trailer saya, dikarenakan efisiensi yang disediakan oleh marmoset yang dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas akhir saya.