The Forest Cat adalah sebuah animasi pendek yang bercerita tentang persahabatan antara kucing hutan dengan seorang anak kecil. Bermula ketika seekor kucing hutan yang terpisah oleh saudaranya, karena dikejar oleh pemburu, kemudian dirawat oleh seorang anak kecil bernama Arif. Animasi ini berdurasi 6 menit, termasuk credit. Untuk target audience utama nya anak-anak

Dalam pembuatan karakter memakai iconic style. Karakter utama dalam film animasi The Forest Cat adalah seekor kucing hutan bernama Acan dengan bentuk totolnya yang didesain seperti kucing macan tutul. Yang kedua yaitu karakter pendamping bernama Arif yang merupakan karakter seorang anak kecil beumur 10 tahun , memiliki karakter yang baik hati dan penolong. untuk karakter Arif, penulis menggunakan bentuk karakter yang sederhana, yaitu dengan baju merah polos dengan celana pendek polos, dan memakai sepasang sendal jepit.

Untuk proses gerak atau animate sendiri menggunakan teknik animasi frame by frame, dengan 24 frame per second. Gerak dominan yaitu walk cycle, dengan urutan contact, down, passing dan up, masing2 terdapat jeda dua frame. Untuk referensi gerak kucing hutan, saya memakai referensi walk cycle kucing domestik pada umumnya, karena kucing hutan jenis leopard sendiri memiliki struktur tubuh yang sama besarnya dengan kucing pada umumnya. Untuk software yang digunakan yaitu Clip studio Paint

Dalam film animasi The Forest Cat, warna dominan yang saya pakai meliputi kelompok warm color, yaitu hijau, kuning, dan oren. berdasarkan teori dari psikologi warna, hijau adalah warna yang tenang dan berhubungan dengan alam, sesuai dengan tema yang saya ambil yaitu berada di sekitar hutan. Dan warna hijau memberikan rasa santai, damai, tenang dan menyegarkan. Warna dari kombinasi kuning dan oren menghasilkan perasaan hangat dan bersahabat. Contohnya adalah dalam potongan beberapa scene film di atas.

Pada kesimpulannya, Dalam pembuatan Animasi pendek yang dimulai pertama kali adalah dari sebuah ide awal cerita. referensi cerita ini bisa didapatkan dari mana saja, baik dari film animasi maupun cerita novel. Yang kedua memulai dengan mencari referensi desain karakter, dilanjutkan ke tahap perancangan dan produksi, hingga tahap penyelesaian animasi The Forest Cat dengan durasi 6 menit.