Telus : The Adventures Of Tia and Friends adalah sebuah serial film animasi 2 dimensi bergenre petualangan dan fantasi menceritakan tentang Tia dan teman-temannya melindungi ekosistem di pulau Rhea, tempat tinggal mereka. Dengan menggunakan buku sihir Telus yang terdiri dari 4 elemen, Tia dan 4 penyihir sahabatnya serta Guardian Demons mereka melawan kejahatan. Setiap karakter memiliki latar belakang yang berbeda-beda seperti dari sisi geografis, fisik, keluarga dan lainnya, meskipun mereka memiliki banyak perbedaan namun hal tersebut membuat tali persahabatan yang erat.

Konsep dan ide dari serial Telus ini muncul karena saya sangat tertarik dengan pertemanan yang berasal dari latar belakang atau kultur yang berbeda-beda, namun kenyataannya perbedaan terkadang membuat terjadinya konflik yang disebabkan oleh prasangka buruk yang menjadi diskriminasi. Maka itu saya ingin memberi pesan bahwa perbedaan lah yang membuat hubungan sesama menjadi lebih kuat. Selain itu saya ingin memberi pesan bahwa segalanya itu tidaklah hanya hitam dan putih atau baik dan buruk, pasti ada sisi abu-abu dari segala hal. Saya juga terinspirasi dari serial magical girls seperti Tokyo Mew-Mew dan Sugar Sugar Rune dimana karakternya yang sangat imut.

Buku Telus adalah salah satu hal yang menyatukan keempat penyihir, setiap buku merepresentasikan satu elemen yang terdapat di pulau Rhea. Buku Telus ini terdiri dari buku bintang, hutan, laut dan gunung api. Tiap sektor berdasarkan elemen-elemen dari buku Telus saling menolong satu sama lain yang membuat pulau Rhea ekosistemnya terus terjaga. Hingga pada suatu hari seseorang mencoba untuk mengambil salah satu dari elemen tersebut yang membuat cycle ekosistemnya rusak.

Tia adalah Penyihir yang diberi kepercayaan oleh Master Eli untuk menjaga buku Telus bintang, Tia sangat suka belajar tentang bintang-bintang serta ia sangat suka memandang langit malam dengan menggunakan teropong bintang di jurang dekat rumahnya bersama Mephisto. Tia merupakan orang yang cenderung lambat dan ceroboh yang membuatnya membuatnya cukup lama untuk bisa mempelajari sihir dari buku Telus dibanding 3 teman lainnya.

Mira adalah seorang penyihir kecil yang diberi kepercayaan oleh Master Eli untuk menjaga hutan Rhea, meskipun umurnya yang sangat muda, Mira merupakan anak yang sangat pintar dan sangat cepat mempelajari sihir-sihir yang ada pada buku Telus, sihir yang diperlajari oleh Mira kebanyakan adalah sihir untuk bercocok tanam agar ia bisa memberi makan orang-orang disekitarnya.

Lyr merupakan seorang penyihir yang diberi kepercayaan oleh master Eli untuk menjaga laut pulau Rhea, Lyr tinggal sangat dekat dengan pantai karena lautan merupakan bagian besar dari hidupnya. Lyr adalah orang yang sangat pintar untuk menyelesaikan masalah akan tetapi ia cenderung takut menghadapi resiko, sehingga Lyr bisa dibilang sebagai karakter yang sempurna namun dapat hancur bila terdapat suatu kerusakan kecil.

Kiara merupakan penyihir yang memegang buku Telus Volcano, Kiara awalnya tidak menyukai ‘takdir’nya sebagai pemegang buku Telus, namun seiring berjalannya waktu ia pun menyukai pekerjaannya sebagai pelindung pulau Rhea.