Swallow’s Nest is Human Health adalah judul dari sebuah animasi edukasi yang dijelaskan oleh seorang ilmuan tentang adanya khasiat sarang burung walet yang sangat berfungsi untuk Kesehatan tubuh manusia. Sarang burung walet memiliki bentuk menyerupai mangkok yang biasa dijadikan makanan penutup seperti sup dan air es dan sangat bagus untuk dikonsumsi. Sarang burung walet dipercaya oleh obat tradisional china bahwa sarang burung walet dapat pertumbuhan tulang, penyembuhan luka, melancarkan proses metabolism karbohidrat, kolestrol, asam amino dan lainnya. Pada animasinya diiawali dengan logo “Swallow’s Nest is Human Health” lalu adanya penyebaran berbagai macam negara di asia tenggara serta  penjelasan khasiat-khasiat sarang burung walet yang sangat penting akan tubuh manusia dan diakhiri dengan kesimpulan. Animasi ini berdurasi ± 3 menit, termasuk credit scene. Untuk target audience remaja diatas tujuh belas tahun.

Dalam pembuatan karakter menggunakan style flat design. Style ini memberikan kesan yang menarik dalam proses motion graphic. Untuk karakter, penulis menggunakan seorang ilmuan karena ilmuan dapat dipercaya mendapatkan ilmu yang valid dan disini penulis membuat karakter design yang sesuai dengan referensi yang didapat. Untuk referensi style karakter didapatkan di channel youtube the infographic show.

Untuk proses gerak atau disebut animate sendiri menggunakan style motion graphic, Gaya ini memberikan kemudahan dalam sinematografi, transisi, komposisi gambar, dan tipografi. Penulis juga menggunakan beberapa poin prinsip animasi, komposisi, serta teori tipografi untuk menyusun animasi agar lebih fluent, nyaman dilihat, dan smooth. Motion yang akan dibuat tentu ada referensi motion style yang penulis gunakan dalam pembuatan motion graphic ini. Dalam animasi edukasi ini penulis menggunakan animasi vector yang flat design agar terlihat lebih simpel secara visual dan audience bisa berfokus terhadap informasi yang akan disampaikan dari film animasi edukasi tersebut. Elemen visual yang digunakan juga mewakili dan warna yang digunakan adalah perpaduan warna yang jelas serta suasana yang kelam karena mengikuti temanya.

Pada kesimpulannya, Dalam pembuatan animasi edukasi yang diawali dari sebuah ide untuk membahas khasiat sarang burung walet karena belum adanya pembahasan khasiat sarang burung walet dengan menggunakan motion graphic dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar mudah dipahami oleh penonton. Selanjutnya, penulis melakukan pencarian referensi desain karakter, lalu dilanjutkan ke tahap perancangan dan produksi, hingga tahap penyelesaian animasi Swallow’s Nest is Human Health dengan berdurasi ± 3 menit.