Story of Mooncake Festival merupakan Film pendek animasi adaptasi 2D dengan style Anime yang bercerita tentang kisah Hou Yi dan Chang E. Alkisah pada zaman dahulu kala, bumi dikitari oleh 10 matahari. Suatu ketika, kesepuluh matahari itu muncul secara bersamaan dan menyebabkan banyak bencana. Cerita ini mengisahkan tentang bagaimana Hou Yi menyelamatkan dunia dan bagaimana Chang E menjadi dewi bulan. Tujuan dari film pendek ini adalah untuk memperkenalkan kembali kepada masyarakat Indonesia tentang salah satu budaya yang sudah banyak ditinggalkan dan dilupakan, yaitu perayaan kue bulan. Motion style dalam film ini adalah motion graphic, dimana pergerakan yang minim namun dapat menceritakan maksud yang ingin disampaikan.

Setelah selesai merancang konsep karya, saya melakukan proses produksi pertama dengan membuat detail 2D setiap karakter dalam cerita ini. Selain itu saya juga membuat background dan beberapa aset yang diperlukan dalam pembuatan animasi maupun keperluan lain seperti poster dan workbook. Setelah membuat beberapa alternatif, maka didapatlah hasil karya seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah selesai membuat semua aset dan karakter, saya melanjutkan ke proses selanjutnya yaitu animating dan compositing. Bagi saya, kedua proses ini adalah proses yang terpenting dalam menyampaikan pesan dari cerita yang saya angkat. Karena basis dari animasi ini adalah motion graphic, pergerakan dari setiap karakter dan objek sangatlah minim. Hal yang saya fokuskan disini adalah bagaimana meng-compose keseluruhan aset yang ada menjadi sesuatu yang menarik ditambah dengan background music dan sound effect yang sesuai dan mendukung adegan yang ada. Untuk tugas akhir ini saya menggunakan software Adobe Photoshop untuk membuat karakter dan aset. Untuk merekam suara dan membuat background music, saya memakai software Studio One. Saya menggunakan Adobe After Effect untuk proses animating dan Adobe Premiere Pro untuk proses compositing.