“Through The Trenches” adalah film animasi pendek 3D yang mengangkat tema kemanusiaan, film animasi pendek ini menceritakan kisah seorang tentara Amerika yang di tolong oleh musuhnya yaitu seorang medis asal Jerman.

Animasi pendek ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kemanusiaan. meskipun manusia memiliki ras, agama, pandangan politik, pendapat yang berbeda kita harus tetap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan itu.
Pembuatann film animasi pendek ini dimulai dari melakukan riset mengenai Perang Dunia II dengan membaca buku atau menonton film dokumentasi. Setelah itu pembuatan film animasi pendek ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu pre-production, production dan post-production.

Pre-Production
Pre-production, yaitu proses dimana pengumpulan ide yang lalu disusun untuk menjadi konsep desain dengan mengeksplorasi semua ide yang ada. Berikut adalah dua sketsa karakter yang dibuat pada tahap pre-production.

Production
Di tahap production penulis menggunakan sketsa yang telah di buat lalu memasukanya kedalam 3DSMAX untuk dilakukan proses modelling. Dilanjutkan dengan proses texturing di dalam program substance painter. Lalu dimasukan kembali ke dalam 3DSMAX untuk dilakukan rigging dan animating. Setelah semua proses selesai hal selanjutnya adalah rendering.

Post-production
Setelah melewati tahap production, penulis melakukan tahap post-production. Dalam tahap ini penulis melakukan compositing menggunakan after effect untuk menambahkan Color Correction dan kemudian penulis melakukan sound editing dan menambahkan transisi untuk mencocokan animasi dengan Sound effect.