Hope adalah film animasi pendek 3D yang mengangkat tema eksploitasi topeng monyet. Film animasi pendek bercerita tentang seekor topeng monyet yang ingin kabur bersama temannya yang sakit dan hidup bebas. Tujuan pembuatan film animasi ini untuk tidak mendukung adanya pertunjukan monyet pada lingkungan masyarakat dengan memperlihatkan kehidupan monyet yang bekerja sebagai topeng monyet.
Pembuatan dari film animasi pendek ini dimulai dari melakukan riset dan observasi pertunjukan dan dibalik cerita topeng monyet dengan melihat video dokumentasi dan wawancara terhadap pawang. Setelah itu pembuatan film animasi pendek ini melalui 3 cara untuk menghasilkan karya ini yaitu pre-production, production dan post-production.

Pre-production, yaitu proses dimana mengumpulkan ide yang lalu disusun untuk menjadi sebuah konsep desain dengan mengeksplorasi semua ide yang ada. Production, yaitu proses dimana membuat animasi film tersebut dimulai dari membuat 3D modeling, texture lalu dianimasikan dan dirender. Post-production, yaitu proses dimana hasil render dari proses production digabung menjadi satu video yang lalu diedit dan diberi penambahan suara untuk menghasilkan film animasi pendek.

Proses ini harus dilalui jika ingin menghasilkan film animasi pendek untuk dapat membuat karya yang dapat dinikmati oleh penonton karena konsep dari film sudah melalui banyak proses. Film animasi pendek ini juga melalui tahap-tahap tersebut. Berikut adalah pengaplikasian dalam film Hope.