THE MAKING OF “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INDUSTRI GAME” ANIMASI EDUKASI

Dengan berkembang pesatnya teknologi, sudah merupakan hal yang biasa jika ditemui di berbagai aspek. Masing-masing memiliki manfaat tertentu antara satu dengan lainnya. Banyak pekerjaan manusia yang telah teringankan atau terbantukan, serta dalam hal edukasi dan juga hiburan. Dalam hal hiburan, tentunya game merupakan salah satu wujud nyata dari perkembangan teknologi, yang bermanfaat sebagai hiburan sekaligus mempunyai berbagai manfaat dalam hal lain. Begitu juga perkembangan game dari tahun ke tahun bisa terlihat mempunyai pengaruh yang luar biasa signifikan terhadap masyarakat. Pada awalnya game hanya dianggap sebagai suatu penghambat atau hobi yang tidak berguna. Bahkan sejak dahulu kala, game dikatakan bisa membuat orang bodoh atau menganggu saraf otak. Hingga sekarang masih banyak orang yang berpikir demikian. Padahal dari memainkan sebuah game mempunyai berbagai manfaat yang berguna. Mulai dari sebagai sarana penghibur, ataupun menjadi sebuah pekerjaan.

Dengan minimnya pembahasan mengenai video game, penulis memilih topik ini dengan maksud ingin menyajikan history timeline awal mula terciptanya video game kemudian nilai-nilai positif dari video game dan pengaruhnya dalam sehari-hari. Penulis ingin menyajikan topik ‘Perkembangan Teknologi Industri Game’ dalam bentuk animasi edukasi berupa animasi motion graphic. Penulis memilih animasi dengan style motion graphic agar penyajian topik tersebut singkat, padat, jelas namun menarik dan diperuntukkan untuk hampir semua umur. Animasi dalam bentuk motion graphic sering meningkatkan pemahaman para penonton daripada penyajian sebuah informasi dalam bentuk lisan.

Style yang dipakai dalam animasi ini berupa borderless dan iconic. Bentuk pada karakter dan objek-objek yang terdapat pada animasi ini mempunyai bentuk yang sederhana namun jelas. Penggunaan warna juga berupa sederhana, tidak terlalu detil.

Animasi pada karya ini menggunakan motion graphic, yakni berupa kumpulan grafik yang bergerak. Mayoritas pada motion graphic berupa bentuk dasar dan elemen-elemen mulai dari titik hingga garis. Warna yang digunakan juga berbagai macam, namun mayoritas warna yang diambil yakni biru, hijau kebiruan dan ungu. Animasi motion graphic menggunakan program Adobe After Effect untuk menggerakkan aset-aset yang telah dibuatkan sesuai storyboard. Sebelumnya aset-aset tersebut digambarkan di program Adobe Illustrator. Semua aset yang dipakai pada animasi ini dikerjakan di Adobe Illustrator dengan maksud jika diperlukan scene yang mempunyai zoom in atau memperbesar maka aset yang di-zoom akan tidak pecah mau sebesar apapun. Dapat dilihat dari beberapa screenshot diatas, terutama dalam pengerjaan animasi di Adobe After Effect, animasi tiap aset akan diatur timing serta dengan kecepatan pergerakan aset tersebut. Untuk memperhalus dan membuat gerakan sebuah aset terlihat lebih natural, bisa diatur dalam graph editor seperti dibawah.

 

Game sering dianggap hal kecil bahkan tidak berguna dari dahulu kala. Banyak yang mengomentari bahwa dengan memainkan sebuah game, maka otaknya akan mengecil dan menjadi bodoh. Padahal game tidak mempunyai pengaruh seperti hal berikut, melainkan dengan memainkan game bisa menambah kreativitas serta memori. Perancangan animasi edukasi “Development of Game Industries Tecnology” dimulai dari keinginan untuk menjelaskan sejarah awal mula munculnya game, kemudian menjelaskan apa pengaruh game kepada kita. Untuk menghasilkan animasi edukasi yang unik dan menarik, penulis melakukan riset observasi serta studi kepustakaan. Penulis melakukan pengumpulan data yang berkaitan dengan topik dari topik mengenai game hinggai style animasi berupa motion graphic. Penulis juga merancang alur animasi yang tentunga didukung berbagai teori yang berkaitan. Animasi edukasi “Development of Game Industries Technology” diharapkan bermanfaat dan meningkatkan konten animasi motion graphic di Indonesia. Setelah menjalani pembuatan film animasi edukasi “Development of Game Industries Tecnology” selama 6 bulan, penulis dapat membagikan pengalaman, serta laporan dan proyek animasi penulis bisa berguna buat dijadikan pelajaran dan bermanfaat bagi banyak orang.