Mato & Friends adalah karya Tugas Akhir Penulis dalam bentuk Trailer Web Series yang berkisah tentang sekumpulan anak sayur penuh keingintahuan akan segala hal, di setiap episodenya akan ada pesan moral yang mengajarkan tentang betapa pentingnya pertemanan, makanan bergizi dan hal-hal kecil lainnya yang mengedukasi anak namun dikemas dengan alur cerita berpetualang bersama sekumpulan anak sayur yang menghibur. Artikel ini membahas tentang 5 karakter dari web series “Mato & Friends”.

Awal mula proses pembuatan “Mato & Friends” adalah dengan brainstorming konsep dari segi cerita dan karakter. Penentuan visual bentuk dan warna untuk karakter dan environment juga sangat penting. Secara keseluruhan saya membuat karakter dengan bentuk yang gembul dan berwarna karena target audience saya adalah anak-anak. Bentuk dan warna masing-masing karakter juga sesuai dengan bentuk sayur referensinya, dengan tujuan agar masih bisa dikenali oleh anak-anak sebagai bentuk sayuran.

Berikut sedikit informasi mengenai karakter 1)Mato, Tomat gembul yang manis. Penulis membuat Mato berwarna merah sesuai dengan referensi Tomat dan sifatnya. Hobi Mato adalah menari. Dia juga sangat mementingkan orang lain terutama teman-temannya. Nama Mato diambil dari kata “tomato”. 2)Koko si Brokoli, Koko adalah karakter yang pemarah, emosinya akan meluap-luap jika ada yang tidak sesuai dengan yang ia rencanakan. Penulis membuat sifat Koko seperti itu sesuai dengan referensi brokoli yang tergolong keras. Nama Koko diambil dari kata “brokoli” yang repetitif. 3)Kun si Jagung, Anak jagung yang cantik dan feminism. Kun adalah karakter yang sangat percaya diri, ramah namun kadang bisa sedikit egois. Nama Kun diambil dari kata “Kuning”. 4)Egi si Terong,  Anak terong yang selalu act cool. Egi adalah karakter yang sangat pendiam, cuek tetapi jika sudah tentang Kun ia akan berubah 180°. Nama Egi diambil dari kata “eggplant” yang di sederhanakan menjadi sebuah nama panggilan akrab dengan –y dan 5)Wren si Wortel Anak wortel kecil yang suka membaca ia suka dipanggil “kutu buku”. Wren adalah karakter yang bijak, sangat pintar namun penakut. Nama Wren diambil dari “wortel oren”.