THE MAKING OF “GELANGGANG SEMANGAT”

Gelanggang Semangat adalah Animasi Pendek yang mengadaptasi kisah seorang Atlet Pencak Silat Artistik kategori Regu yang bernama Riva Hijriah. Di dunia nyata, Riva adalah Pesilat yang berprestasi. Di usianya yang masih belia (22 Tahun) ia mampu meraih medali emas dalam event “18TH World Pencak Silat Championship 2018” yang diselenggarakan di Singapore. Riva Hijriah sangat menginspirasi saya dalam pembuatan Animasi Pendek ini. Dari Film “Gelanggang Semangat” ini, saya ingin memperkenalkan Pencak Silat Artistik Kategori Regu dari sudut pandang Riva Hijriah.

Proses Pembuatan Animasi Pendek “Gelanggang Semangat” saya awali dengan mengumpulkan data-data mengenai Pencak Silat Kategori Regu baik dari wawancara maupun observasi dilapangan. Dari wawancara saya mendapatkan insight yang nantinya akan menjadi inti cerita film ini, sedangkan dari observasi dilapangan saya dapat mempelajari jurus baku regu IPSI secara langsung dengan Tim Regu DKI Jakarta.
Setelah melakukan Riset, saya membuat Script, lalu menerjemahkannya ke Beat Board dan Storyboard.

Setelah pembuatan Storyboard, saya segera memasuka tahap desain karakter. Karakter-karakter Film “Gelanggang Semangat” terinspirasi dari karakter Gwen Stacy (Spider-Man: Into The Spider-Verse) dan Stewart (Animation Mentor Rig) yang memberikan kesan lincah, gesit, dinamis dan fleksibel. Dalam pembuatan karakter film ini, saya membuat sketsa 2D terlebih dahulu, lalu melakukan Sculpting di Zbrush dan meneruskan tahapan selanjutnya di 3Ds Max (Retopology, Rigging, Skinning, Animating, Rendering).

Setelah tahap desain krakter selesai, selanjutnya saya segera me-layout karakter-karakter saya dengan environment nya sesuai dengan storyboard yang sudah final. Tahapan Layout ini biasanya kita sebut sebagai tahap Pre-Visualization. Ditahap ini saya merangkap Layouting dan Animating karakter sekaligus, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu yang saya punya dalam menyelesaikan animasi ini.
Tahap Previs ini selanjutnya di sempurnakan dengan melakukan detailing animasinya, pergerakan kameranya, lalu memastikan lightingnya sudah sesuai mood yang disepakati. Setelah semuanya tampak oke, selanjutnya saya melakukan rendering. Dalam tahapan rendering, saya memisahkan render berdasarkan Background dan Foreground. Saya juga melakukan layering dalam rendering, hal ini berguna untuk mempermudah saya melalukan compositing di tahap post production.

Itulah sedikit hal tentang pembuatan animasi “Gelanggang Semangat” ini, saya berharap animasi ini dapat menginspirasi orang-orang baik dari kalangan pesilat, masyarakat awam maupun orang-orang dari kalangan industri visual.