The Making of “Doni dan Tara” Character Design

Doni dan Tara gemar bermain sepak bola bersama, sehingga mereka sangat antusias dengan adanya Piala Dunia U20 di Indonesia. Lalu mereka memutuskan untuk mengajak masyarakat lain untuk ikut meramaikan gelaran ini serta mendukung Tim Nasional Sepakbola Indonesia.

Dengan adanya karakter Doni dan Tara, bertujuan dapat menarik perhatian masyarakat yang tadinya biasa saja atau tidak peduli dengan gelaran Piala Dunia U20, menjadi tertarik kemudian meramaikannya.

Karakter Doni dan Tara mengambil referensi style dari Ben 10 dan juga beberapa maskot Piala Dunia sebelumnya seperti Zakumi dan Fuleco dari Piala Dunia 2010 dan 2014.

Lalu untuk referensi karakter, Doni dan Tara mengambil referensi dari maskot Euro 2008 yaitu Trix and Flix.

Doni dengan shape yang lebih terlihat bulat, Tara dengan shape yang lebih terlihat tajam.

Doni merupakan seorang anak berusia 12 tahun yang sangat menyukai sepakbola. Setiap pulang sekolah, ia langsung bermain sepakbola bersama teman-temannya, terutama Tara.

Doni adalah anak yang sangat bersemangat, ceria, cerdik, dan pandai bergaul. Maka dari itu, dengan adanya gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia, Doni dan Tara bersemangat mengajak masyarakat untuk meramaikan serta menyemangati pemain Tim Nasional Indonesia.

Karakter Doni merepresentasikan burung garuda, terlihat dari topeng, sayap, dan juga sepatunya. Lalu Doni memakai nomor 20.

Tara merupakan seorang anak berusia 12 tahun dan sama-sama menyukai sepakbola seperti Doni. Tara merupakan teman dekat Doni dan nyaris tidak terpisahkan. Dimana ada Doni, disitu ada Tara. Tara adalah anak yang sedikit pemalu, pendiam, tetapi sangat berjiwa positif. Tara percaya apapun yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dari hati, akan membuahkan hasil.

Tara merepresentasikan badak bercula satu, salah satu hewan khas Indonesia. Terlihat dari hiasan di pundaknya. Lalu Tara memakai ikat kepala berwarna merah-putih. Kemudian Tara memakai nomor 21.

Beberapa environment yang dipakai untuk trailer Doni dan Tara. Diantaranya seperti lingkungan rumah, stadion, ruang loker, dsb.

Kesimpulannya, karakter ini merupakan maskot unofficial dari Piala Dunia U20 2021. Diharapkan dengan hadirnya karakter ini bisa meramaikan gelaran tersebut dan sekaligus disukai banyak orang. Karakter ini juga diharapkan bisa menyalurkan semangat dan keceriannya terhadap semua orang yang melihat karakter ini dalam bentuk gambar maupun merchandise.