Animasi “Asal-Usul Padi” adalah sebuah animasi 2D yang mengangkat cerita asal-usul padi yang dibawakan dengan menggunkan tokoh dalam wayang sebagai karakternya. Tujuan dari pembuatan animasi ini adalah untuk memperkenalkan generasi muda terutama anak SD akan tokoh wayang dan juga memperkenalkan kembali cerita asal-usul padi. Premis dari animasi ini adalah seorang raja yang tidak sengaja mengutuk putri angkatnya menjadi tanaman padi karena telah menolak pinangannya. Animasi ini diharapkan dapat menjadi sarana penghibur dan pembelajaran dari anak SD, serta secara umum dapat memperkenalkan budaya Indonesia

Dalam pembuatan animasi ini, penulis melakukan observasi terhadap wayang ketika ingin menciptakan karakter-karakter yang bersangkutan. Ini dilakukan untuk tidak menyalahi aturan atau pakem wayang yang ada. Setelah melakukan observasi, penulis menerapkan beberapa fitur wayang dan juga aksesoris ketika merancang karakter-karakter tersebut. Untuk karakter gagak, penulis menggunakan referensi binatang lain seperti burung garuda untuk memberikan sedikit fitur terutama mata wayang ke karakter gagak. Pemilihan style gambar iconic adalah untuk menyesuaikan target pasar yang dituju karena berdasarkan angket yang dibagi kebanyakan anak SD menyukai style tersebut.

Karena menggabungkan konsep pertunjukkan bayangan dan aslinya, maka ada environment siluet dan environment warna. Environment siluet sengaja dibikin gradient kuning ke coklat sesuai dengan layar pertunjukkan wayang. Environment yang berwarna untuk animasi ini memang sengaja dibuat lebih dull dibandingkan dengan warna pada karakter. Ini bertujuan untuk memisahkan karakter dengan environment. Untuk suasana outdoor, penulis tidak menggunakan lighting. Sedangkan untuk adegan indoor, lighting lebih terasa untuk membangun mood/ ambience.