“Ai-dol!” adalah grup karakter desain dengan karakter utama petai yang tampil sebagai produk Intellectual Property (IP). Latar belakang pembuatan IP ini adalah banyaknya pemikiran negatif terhadap petai serta kurangnya karakter IP yang berbasis makanan di Indonesia, dalam hal ini adalah petai. Tujuan dalam pembuatan IP dengan karakter utama petai ini adalah untuk menghilangkan pemikiran negatif terhadap petai sehingga mengetahui manfaat-manfaat dari petai, sekaligus menambah karakter IP berbasis makanan di Indonesia.

Dalam proses pembuatan IP “Ai-dol!” ini, saya membuat output menjadi sebuah webtoon atau webcomic. Dalam webtoon ini, diceritakan proses Ai membentuk sebuah idol grup bersama dengan Pina dan biji-bijian lainnya, dengan penghalang dan pembuat masalah dari Lat, serta bagaimana caranya bisa menjadi idol grup nomor 1 mengalahkan Geena. Selain itu, akan juga diselipkan informasi-informasi mengenai petai seperti manfaatnya dalam bidang kesehatan dan cara menghilangkan baunya. Berikut adalah screenshot dari trailer “Ai-dol!”.

Selain itu, saya juga membuat merchandise untuk memperkenalkan produk IP. Pembuatan merchandise ini berdasarkan target konsumen yang telah ditentukan, yaitu kalangan remaja 11 sampai 14 tahun. Hal ini juga disesuaikan dengan tren dan konten yang saya bawakan. Misalnya pembuatan case handphone karena sesuai dengan target saya, yaitu yang memiliki handphone. Boneka juga salah satu merchandise yang saya buat karena target konsumen saya cenderung menyukai hal yang imut. Selain itu, terdapat juga T-shirt, pin, gantungan kunci, dan lain-lain yang dibuat sebagai merchandise IP “Ai-dol!” ini.

Saya berharap IP “Ai-dol!” ini akan terus berkembang ke berbagai media lainnya dan dapat menghilangkan pemikiran negative terhadap petai sehingga mengetahui informasi dari petai, sekaligus menambah karakter IP dengan konten lokal.