Adventure class adalah IP serial komik menceritakan sekelompok murid SMA yang terjebak dalam dunia lain disebabkan oleh buku cerita misterius di perpustakaan, mereka telah diundang oleh raja di kerajaan utama dan dikasih senjata suci berupa bentuk alat tulis, tujuan mereka untuk melindungi semua kerajaan dari ancaman monster bernama yaksa, yaksa merupakan makhluk yang muncul dalam kegelapan, mereka akan bertugas menjaga semua kerajaan sambil mencari jalan keluar, dalam pertengahan perjalanan menuju kerajaan lain mereka menemukan senjata suci lain di hutan kemungkinan adanya murid lain yang terjebak juga dalam dunia lain ini.

Adventure Class adalah karya Tugas Akhir yang saya kerjakan untuk mengenang terakhir kalinya selama saya bersekolah. Dalam artikel ini saya membahas tentang prosses perancangan karakter dan lainnya.
Pada proses pembuatan karakter saya membuat karakter yang bertema sekolah SMA dengan berseragam lengkap, bukan Cuma itu saja dalam penggambaran karakter ini saya sudah membayangkan dulu sebelum membuat karakter seperti modedl rambut, sorotan mata, dan bentuk tubuh. Dalam pembentukan wajahnya saya memberikannya kepada dosen dan teman saya supaya penggambarannya bisa enak dilihat oleh mereka, tampilannya bukan cuma pakaian sekolah saya tetapi saya memasukan hiasan armor berbagai di beberapa anggota tubuh seperti tambahan armor bahu, lengan, pinggang, dan lain-lain. dalam berpakaiannya terinspirasi dari film The Kid who would be king. Pada pembuatan stylenya saya mengambil yang bisa digambar dengan mudah, effek cahaya dan pewarnaan dan menambahkan style gambar sendiri untuk membuat style ciri khas sendiri, dan mencari beberapa refensi lainnya untuk penggerakan karakter pada beberapa panel dalam komiknya.

Dalam pembentukan senjatanya terinspirasi dari serial film kamen rider gaim yang dimana pembentukan gabungan senjata dengan objek lain. senjata yang saya rancangkan membuat desain dengan menyamakan seperti ada hubungan dan kepopuleran, dalam pembentukan senjata dalam serial saya akan ada perubahan bentuk bisa disebut peningkatan senjata yang dimana senjata yang dari bentuk kuno sampai modern untuk bisa mempermudah mengenal sejarah alat tulis dari bentuk kuno sampai sekarang. Bukan Cuma alat tulis saja, monster yang saya ambil dari mitologi indonesia untuk para pembaca bisa mengenal berbagai macam makhluk mitologi asal Indonesia, alasan saya memasukan mitologi indonesia karena kebanyakan orang yang tahunya Cuma di luar Indonesia saja dan bagian Indonesia paling dikit tahunya. Dalam penggambaran kelompoknya saya mengambil bagian yang pernah alami saat kerja kelompok dan dalam cerita nantinya ada beberapa adengan yang akan menunjukan kerja kelompok dengan kompak atau benar supaya para pembaca akan paham kerja kelompok seperti apa.
Berikut beberapa adengan tempat yang ada di dalam komiknya: