The Art of “Pandai Sikek”

Pandai Sikek adalah sebuah film animasi pendek yang menceritakan tentang seorang ibu yang ingin putrinya melanjutkan tenunannya, namun putrinya terlalu malas untuk mengerjakan tenunan tersebut. Untuk pendekatan visual, animasi pendek “Pandai Sikek” menggunakan pendekatan 3D Animation, dengan gaya Toon Shader. Pendekatan 3D animasi penulis berfokus pada studi gerak.

Pembentukan konsep dimulai dari mencari permasalahan yang terjadi tentang kebudayaan Pandai Sikek lalu diangkat menjadi sebuah cerita, penulis mengumpulkan beberapa referensi yang cocok dengan bentuk visual yang di inginkan.

Setelah membuat beberapa potongan cerita dengan tahap awal/perkenalangan, tahap tengah/permasalahan, tahap akhir/tujuan. Penulis membuat skenario yang akan mempermudahkan penggambaran pada tahap storyboard, penulis membuat adegan dengan penjelasan waktu, latar tempat, kejadian, dialog dan penjelasan akting.

Setelah skenario selesai penulis memasuki tahap storyboard, distoryboard ini penulis membuat sketsa yang akan menunjang bagian 3D layout nantinya, disini penulis memasuki membuat sketsa akting, dialog tokoh, penjelasan kamera dan pergerakan dari kamera.

Pembentukan karakter dimulai dengan sketsa berbagai desain dari tiap-tiap karakter. Dari tahap sketsa melalui kertas dari sketsa pertama sampai final, lalu membuat dalam bentuk 3D.