Pada artikel ini akan di bahas tentang proses pembuatan IP game Hydro Man : Acid and Base. Dari tahap awal sampai akhir yaitu dari pre-production sampai dengan post-production.
Tahap pertama dalam pembuatan IP game “Hydro Man : Acid and Base”, dimulai dengan brain storming mencari suatu ide, topik ataupun suatu bahasan masalah, dalam hal ini penulis telah memilih topik yaitu mengenai siswa yang menyukai atau tidak menyukai pelajaran kimia, namun penulis memilih bab asam dan basa karena pelajaran kimia yang paling mendasar namun masih dianggap susah dalam mempelajarinya pertama kali.
Setelah brain storming, penulis mulai mencari referensi untuk design karakter, environment yang akan dipakai dan seperti apa trailer akan dibuat. Setelah mendapatkan referensi yang cocok, penulis melanjutkannya ke tahap mendesain karakter dan environment dalam bentuk 2D.

Tahap kedua setelah selesai membuat desain karakter dan environment, penulis melanjutkan ke tahap Production. Dimana penulis memulai dengan modeling karakter high poly di Blender menggunakan fitur sculpting lalu di Re Topo juga melalui Blender. Sehabis Re Topo dilanjutkan ke tahap UV Map dan di Texture melalui Substance Painter. Sehabis Texturing Karakter, penulis melanjutkannya ke modeling environment dan texture environment.
Setelah kedua aset karakter dan environment jadi, penulis melanjutkan ke rigging karakter dan melakukan staging di dalam environment. Sehabis itu penulis melanjutkannya untuk meletakan Lighting didalam environment. Setelah kelar staging, penulis melanjutkan untuk animating untuk pembuatan trailer.

Tahap selanjutnya adalah Post-Production dimana penulis membuat Compositing UI dan VFX melalui aplikasi After Effects dan Blender. Pada tahap ini juga penulis melakukan editing untuk menggabungkan semua scene yang ada dan memasukkan lagu dan sound effect.