Menjadi Cahaya Bagi Rakyat adalah sebuah animasi pendek yang bercerita tentang Kisah persaingan 2 orang anak raja berburu pusaka keramat untuk membuktikan siapa diantara mereka yang layak menjadi penerus tahta kerajaan. Namun mencari pusaka keramat tidaklah mudah. Pusaka keramat berada di sebuah bukit yang dijaga oleh Naga besar. Animasi ini berdurasi 3 menit 56 detik termasuk credit title. Target audiens yang utama adalah anak – anak usia 6 – 10 tahun, lalu target audiens yang kedua adalah remaja usia 10 – 15 tahun.

Dalam pembuatan karakter, Saya menggunakan iconic style. Karakter utama dalam animasi ini adalah dua kakak beradik bernama Tono dan Dudu. Tono anak pertama sang Raja yang berusia 15 tahun. Sifatnya bossy dan sok pemberani. Lalu Dudu anak kedua sang Raja berusia 10 tahun. Sifatnya sopan santun, baik hati, dan suka menolong. Walaupun terlihat seperti anak lemah namun dia memiliki keberanian yang sangat tinggi dan sangat cerdik.

Untuk refrensi yang pertama, saya tidak menggunakan refrensi style, hanya mengikuti refrensi kostum saja.

Lalu untuk refrensi yang kedua saya menggunakan style dari serial animasi “Gravity Falls”. Refrensi yang ketiga saya menggunakan  style gambar dari iklan Gojek J3K, dan yang terakhir sketsa terpilih menggunakan style serial animasi dari Nickelodeon berjudul “Chalk Zone”.