“QILIN” merupakan short animation bergenre supernatural yang beretujuan untuk untuk menyampaikan cerita mitologi Qilin secara modern dengan tepat dan baik dalam bentuk gambar bergerak serta mitos terfokus yang memakai karakter Qilin dan anak kecil untuk menyampaikan moral tentang kebaikan dan balas budi.

“QILIN” menceritakan tentang suasana rumah yang kaku dan dingin yang disebabkan oleh roh – roh jahat yang bisa disebut dengan bad spirit lenyap ketika sang anak kecil yang bernama Hannah tanpa sengaja menolong makhluk aneh dan dibawa kedalam rumahnya.
.

“QILIN” merupakan beast yang terkenal karena keistimewaanya dalam menciptakan ketentraman dan membuat perlindungan untuk anak – anak. Judul ini sederhana, namun menggambarkan tema dari animasi film pendek tersebut. Penambahan siluet Qilin pada “QILIN” untuk menegaskan karakter mana yang berperan besar dalam short animation tersebut. Typeface yang digunakan menyampaikan kesederhanaan dan terbaca jelas.
Konsep dan desain karakter merupakan salah satu hal yang penting dalam pembuatan animasi film pendek “QILIN”. Karakter yang menarik membantu untuk membuat film animasi pendek menjadi lebih menarik. Karakter dibentuk dengan menggunakan Bone Structure of Character (fisiologi, sosiologi, psikologi), berlandaskan prinsip-prinsip desain karakter, dan artstyle yang dipertimbangkan berdasarkan Triangle of Representation. Arstyle cartoony digunakan karena lebih cocok dengan tema sederhana yang diangkat, adegan-adegan fantasi, serta proses pengerjaan lebih efisien, mengingat project ini dikerjakan sendiri.

Sesi brainstorming dengan membuat sketsa alternatif dilakukan untuk menentukan desain karakter yang final. “QILIN” terdiri dari 2 tokoh utama, yakni Hannah, seorang gadis kecil yang baik hati dan periang dan Qilin, yang membantu Hannah untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam rumahnya, dengan beberapa karakter sampingan lainnya yaitu ibu, ayah, Vet Nurse, dan musuh utama mereka yaitu bad spirit.
Karakter-karakter dalam “QILIN” menunjukkan perbedaan bentuk karakter yang jelas sehingga setiap karakter adalah karakter yang unik, menarik, dan penonton dapat membedakannya dengan mudah.

Environment “QILIN” terdiri dari rumah, kamar Hannah, dapur, dan Vet Shop (exterior and interior).Desain rumah terinspirasi dari rumah – rumah modern minimalis dari status keluarga kalangan menengah, dan menampilkan suasana rumah simple dan nyaman. Rumah merupakan tempat dimana masalah dimulai sekaligus tempat dimana Hannah tinggal bersama keluarganya. Warna-warna yang digunakan berupa warna primer yang disetarakan dengan warna sekunder, kemudian di tone down agar tidak bertabrakan dengan warna karakter yang cenderung cerah dan mencolok.

Desain bangunan vet shop meliputi exterior dan interior terinspirasi dari ide tempat tinggal keluarga Hannah yang merupakan area perumahan. Akan lebih pantas jika vet shop dibentuk seperti ruko atau sejenisnya karena biasanya dalam perumahan, tak jauh dari sana terdpat bangunan ruko yang bisa digunakan sebagai kantor dan sebagainya. Warna yang dipilih juga menggunakan campuran dari warna primer dan sekunder kemudian di tone down agar tidak bertabrakan dengan karakter Hannah dan Qilin.