Piri merupakan seorang putri dari planet Pyrus yang akan menjadi ratu dalam beberapa tahun mendatang. Karena ia merasa kerajaannya tidak berkembang selama beberapa dekade terakhir, ia-pun pergi ke bumi bersama robot AI-nya, PIE, untuk mempelajari langsung kehidupan manusia di sana. Ia pun bertemu dengan Don, teman pertamanya di sana. Cerita kehidupan sehari-hari Piri di bumi pun dimulai.

Karakter utama ini terinspirasi dari buah Pir dan dinamakan Piri. Nama Piri ini berasal dari nama buah ‘Pir’ yang ditambah huruf ‘i’ di belakangnya agar terdengar lebih lucu, mudah diingat oleh pembaca, dan juga cocok dengan desain karakter.
Desain untuk Piri di kerajaannya tidak terlihat terlalu futuristik karena penulis ingin menunjukkan bagaimana planet yang ditinggali oleh Piri, yaitu planet yang masih banyak bergantung pada alam khususnya tumbuh-tumbuhan, dilihat dari desain pakaiannya yang sederhana dan berwarna coklat natural.
Rambut Piri di kerajaannya dibuat tidak terlalu simetris antara bagian kiri dan kanannya agar menambahkan kesan ‘aneh’, dan berwarna hijau kekuningan seperti warna buah Pir.
Desain untuk Piri di bumi adalah seperti yang tertera di atas di mana desain tersebut simpel dan tidak terlalu rumit tetapi tetap terlihat unik sehingga karakter dapat diingat dengan mudah oleh para pembaca. Selain itu baju yang dipakai oleh Piri sengaja dibuat agar terlihat seperti buah Pir dan juga tidak terlalu jauh dari desain pakaiannya saat ia berada di kerajaannya.
Piri juga memiliki telinga yang tidak biasa dan kulit yang terlihat lebih pucat daripada orang-orang pada umumnya untuk menunjukkan bahwa ia bukanlah manusia atau makhluk hidup yang lahir di bumi.

Don adalah teman Piri selama ia tinggal di bumi, merupakan anak yang pintar secara akademik dan ia senang membantu teman-temannya yang kesulitan dalam pelajaran, namun kadangkala ia bisa menjadi ceroboh dan kikuk. Maka dari itu penulis membuat desain Don mengenakan kacamata dan rambut yang tidak terlalu lurus agar karakter terlihat pintar dan kutu buku. Ia mengenakan kaos dan celana pendek yang merupakan baju santai seperti apa yang dikenakan anak-anak remaja pada umumnya saat tidak sekolah. Warna kaos yang ia gunakan berwarna merah karena merah adalah warna komplementer dari hijau yang merupakan warna utama Piri.

PIE adalah teman robot milik Piri yang mengantar dan juga menemani Piri di bumi. Desain untuk PIE menyerupai buah Pir, yang merupakan ikon dari planet Pyrus, planet asal Piri. Dibuat berwarna hijau keabu-abuan karena mencampur warna buah Pir yang berwarna hijau kekuningan dan warna besi yang pada umumnya berwarna abu-abu.