Character Design of “Petualangan di Kebun Raya Bogor”, An Animation Series

Kebun Raya Bogor merupakan tempat agrowisata yang menyenangkan dan edukatif. Kebun ini sudah menyimpan banyak sekali spesies tanaman maupun monumen bersejarah selama ratusan tahun. Namun, keresahan penulis dimulai saat penulis melihat kurangnya minat remaja untuk mempelajari tentang tempat agrowisata bersejarah ini. “Petualangan di Kebun Raya Bogor” kemudian dibuat sebagai sebuah rancangan Intellectual Property berbasis maskot untuk keperluan promosi Kebun Raya Bogor untuk remaja. Maskot-maskot ini dibuat menarik, interaktif dan cerita tentang petualangan mereka dirancang untuk dapat dinikmati oleh target audiens melalui media sosial baik dalam bentuk komik strip maupun animasi-animasi pendek.

Cerita Petualangan di Kebun Raya Bogor dimulai dengan kesulitan yang dialami sebuah tanaman bunga bangkai bernama Amorta, yang saat sedang mekar di hutan, tiba-tiba hampir dipotong oleh warga setempat. Amorta kemudian diselamatkan oleh seorang peneliti, dan dibawa ke sebuah “rumah baru”, yaitu Kebun Raya Bogor. Disana, ia berkenalan dengan teman-teman baru, yaitu berbagai tanaman dan hewan yang sudah lama tinggal di seluruh penjuru Kebun Raya Bogor. Dari teman-temannya, Amorta kemudian mempelajari lebih banyak hal tentang rumah barunya itu.

Proses perancangan dimulai dengan memilih spesies apa saja yang cukup ikonik untuk menjadi maskot dan mewakili keanekaragaman hayati yang ada di dalam Kebun Raya Bogor. Lalu, desain karakter dalam Intellectual Property ini menggunakan referensi dari visual style milik ilustrator Rick Berkelmans, sesuai dengan selera remaja sebagai target konsumen utama dari Intellectual Property ini. Selanjutnya, saya melakukan pembuatan storyboard, animatic, desain karakter dan environment.