AN ANIMATED DOCUMENTARY “PERAN WARNA BIRU PADA BANGUNAN ARSITEKTURAL BANGUNAN KOTA JUDHPUR, INDIA”

“Peran Warna Biru Pada Bangunan Arsitektural Bangunan Kota Jodhpur, India” adalah sebuah animasi dokumenter yang menjelaskan kegunaan warna biru pada kota Jodhpur. Disajikan dalam bentuk 2D motion graphic bernarasi agar memudahkan penonton untuk memahami infodmasi yang disampaikan.

Film “Peran Warna Biru Pada Bangunan Arsitektural Bangunan Kota Jodhpur, India” ini, adalah sebuah film animasi dokumenter yang menjelaskan tentang asal-usul dan kegunaan warna biru pada kota Jodhpur, India. Warna biru di kota ini tidak hanya dijadikan sebagai unsur estetika saja, melainkan dipengaruhi oleh unsur-unsur lainnya, seperti alam, budaya, maupun agama. Warna memiliki sifat psikologisnya tersendiri, dimana biru, memiliki sifat lebih sejuk. Di kota Jodhpur yang dikelilingi gurun, siang hari terasa panas, dengan bangunan yang diberikan warna biru, penduduk setempat beranggapan warna biru membuat suasana pemukiman menjadi lebih sejuk. Dengan penduduk India yang dominan menganut agama hindu, kasta tentunya menjadi sistem penting untuk para penduduknya. Dimana seorang kasta brahmana yang awalnya memberi warna rumahnya dengan warna biru, dengan tujuan membedakannya dengan kasta lain, justru diikuti oleh kasta lain karena terlihat lebih indah. Terkait juga dengan salah satu dewa yang mereka sembah, yaitu Dewa Khrisna, dimana Khrisna yang selalu digambarkan dengan kulit berwarna biru

Masih banyak penggunaan warna di tempat-tempat lain yang penggunaannya bermacam-macam. Namun animasi dokumenter ini membahas penggunaan warna biru di kota Jodhpur, dimana penggunaan warna-nya tidak berdasarkan 1 unsur saja. Jadi, warna tidaklah digunakan hanya untuk nilai estetikanya saja, namun ada kegunaan-kegunaan lain dibalik setiap warna yang ada.