Gonyan and Friends adalah karya Intellectual Property Webcomic yang menceritakan seekor hantu kucing yang turun ke bumi dan membantu kucing-kucing liar yang terlantar. Tujuan Intellectual Property ini adalah untuk menambahkan wawasan mengenai keseharian kucing liar dalam bertahan hidup. Gaya visual yang digunakan lebih condong ke style jepang, dengan referensi dari Intellectual Property terkenal Jepang dan Webtoon populer.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara singkat cara membuat animasi 2D menggunakkan Puppet Pin Tool yang ada di program Adobe After Effects. Seperti yang dapat dilihat, diatas adalah beberapa karakter dari seri Gonyan and Friends yang akan dianimasikan untuk pembuatan trailer. Berikut adalah proses singkat dalam pembuatannya:
Hal yang terpenting untuk dilakukan sebelum memulai animasi adalah aset 2D. Usahakan membuat aset terpisah, dan memikirkan peletakan urutan depan-belakang agar dapat dianimasikan dengan mudah. Dalam hal ini, Gonyan dibagi menjadi :
1. Tubuh
2. Muka
3. Tangan
4. Halo/Ring
Langkah pertama, buka Adobe After Effects, new composition dan masukan aset 2D yang telah dibuat. Pastikan juga lagi urutan pada composition sudah benar.

Ketika file sudah siap, barulah meng-klik Puppet Pin Tool seperti gambar diatas. Lalu kamu dapat meletakan “pin” digambar yang kamu pilih. Perhatikan titik-titik yang akan kamu gunakan untuk animasi.

Contohnya di sini saya meletakan di atas dan bawah tubuh Gonyan. Peletakan pin dapat dilakukan di area yang ingin kamu jaga bentuknya dan area yang ingin digerakkan. Dalam hal ini, saya menjaga bentuk kepala atas Gonyan dan meletakan pin di bagian bawah untuk menggerakan tubuhnya bagai kain nantinya.

Yang terakhir, jangan lupa untuk melakukan “parent” gimana aset akan mengikuti objek utama sebagai “parent”. Seperti dalam hal ini saya mengaitkan “parent” aset muka dan ring kepada badan, agar mereka otomatis mengikuti gerakan tubuh Gonyan.
Selesailah persiapan untuk melakukan animasi menggunakan Puppet Pin Tool. Dari sini, kamu tinggal menggerakan bagian yang diinginkan dengan pin-pin yang telah diletakan.