Unspoken Words adalah animasi pendek yang bertema family drama yang menceritakan tentang seorang Anak SMA yang merasa gelisah akan lingkungan tinggal barunya, yang lalu mendapatkan motivasi baru setelah menemukan sebuah surat peninggalan dari ibunya yang sudah tiada. Dalam pembuatan film animasi pendek ini, pembuatan Konsep dan Desain merupakan suatu unsur paling penting dalam sebuah penciptaan sebuah karya, mulai dari komik, Intellectual Property maupun animasi.

Karakter

Terdapat 3 karater utama pada animasi pendek ini , yaitu protagonist dalam cerita yaitu Adrian, lalu ayahnya yang bernama Haikal, dan Ibunya yang telah tiada bernama Marlina. Desain karakter cenderung menggunakan style visual semi-realistis untuk dapat menampilkan sifat tiap karakter secara lebih menonjol dan menambahkan beberapa ciri khas visual animasi pendek.

Adrian adalah seorang remaja piatu yang baru lulus dari bangku SMA. Suatu hari, ia terpaksa untuk ikut Ayahnya pindah ke Melbourne, Australia. merasa sedih dan bimbang dengan keputusan tersebut, ia mulai menumbuh rasa gelisah didalam dirinya. Namun semua berubah ketika ia menemukan sebuah surat rahasia yang terselip di foto keluarga yang ditulis oleh Ibunya. Ia memiliki tipe kepribadian Melankolis, biasanya Orang dengan tipe melankolis memiliki pikiran yang mendalam dan rumit, seorang analitik atau suka menganalisis berbagai hal, serius dan tekun.

lalu Haikal yang merupakan ayah dari Adrian, adalah seorang ayah tunggal yang kurang ekspresif dan keras, namun dibalik kekakuan itu, ia juga masih memiliki sisi lembut terhadap Adrian. Haikal disini berperan sebagai orang yang mendampingi dan menasehati Adrian selama melewati masa kegelisahannya setelah pindah ke Australia. Ia memiliki kepribadian Koleris. Tipe Koleris sangat suka mengatur, suka petualangan, suka tantangan baru, memiliki ketegasan dalam menentukan keputusan

Kemudian Marlina adalah istri dari Haikal dan merupakan ibu dari Adrian. Ia merupakan sosok yang penting di kehidupan Adrian dalam bertumbuh dewasa. Dalam pemilihan kostum, penulis memilih referensi karakter Ibu pada film “Hair Love”. Dimana ia mengenakan pakaian pasien kanker, yang biasanya menggunakan penutup kepala dan baju maupun sweater yang mempunyai tekstur dan warna lembut. Marlina memiliki tipe kepribadian Sanguinis, Orang dengan tipe kepribadian ini akan menjadi orang tua yang baik, selalu menyediakan waktu untuk anak- anaknya, dan tidak tergesa- gesa.

Compositing and Screenshot Animasi

Berikut merupakan 4 screenshot yang diambil dari animasi pendek 2D “Unspoken Words”. Gambar diatas memperlihatkan komposisi tiap shot dengan mood yang berbeda. Pembuatan tiap shot pada animasi ini adalah dengan menggabungkan image maupun layer seperti hasil animating dan background menjadi satu di After Effects. Kemudian setelah proses compositing, video di-render menjadi format mkv lalu dimasukkan ke Adobe Premiere untuk menggabungkan semua shot yang telah dibuat.