The History of Dragon Boat Festival merupakan sebuah animasi pendek yang diambil

dari adaptasi tentang sejarah dari salah satu festival kebudayaan terbesar masyarakat China dan Tionghoa, yaitu festival perahu naga. Animasi pendek ini menceritakan tentang seorang pejabat pada zaman China kuno yang memiliki jiwa patriotisme yang sangat tinggi terhadap negaranya, akan tetapi suatu hari dia mendapatkan kabar bahwa negara yang sangat dicintainya tersebut hancur dan dikuasai oleh negara lain sehingga ia pun mengakhiri hidupnya dengan meneneggelamkan diri ke dalam sebuah sungai. Akan tetapi, dari peristiwa tersebutlah terbentuk sebuah tradisi dan juga kebudayaan yang berkembang pesat sehingga menjadi salah satu festival kebudayaan yang besar dan juga penting. Animasi pendek ini berdurasi total 7 menit 2 detik. Adapun target audience untuk animasi pendek ini adalah anak remaja dengan kategori usia antara 12-25 tahun.

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang proses perancangan tokoh atau karakter di dalam animasi pendek tersebut.

Pada proses pembuatan karakter untuk animasi pendek The History of Dragon Boat Festival, saya menggunakan referensi dari style serial anime Jepang yang berjudul Mononoke yang dirilis pada tahun 2007 silam. Untuk bentuk body dan shape dari karakter, saya menyesuaikannya dengan sifat dan juga karakteristik dari setiap karakter di animasi pendek tersebut. Untuk proses pewarnaan juga disesuaikan dengan karakteristik dari karakter tersebut, karena penentuan warna dan juga bentuk karakter merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pembuatan animasi pendek agar dapat memberikan nyawa untuk animasi pendek tersebut. Setelah saya berhasil merancang sketsa karakter yang sesuai, langkah selanjutnya adalah pemberian warna dan juga shading, dan berikut adalah hasilnya :

Untuk perancangan karakter di animasi pendek tersebut, yang ingin saya tonjolkan adalah visual dan juga bentuk tampilan dari karakter tersebut, dimana untuk wardrobe dari karakter tersebut mengacu pada referensi dari busana tradisional pada zaman kekaisaran atau dinasti China kuno, yang dimana tampilan visual tersebut cocok untuk target audience saya, yaitu anak – anak remaja Tionghoa di Indonesia.

Berikut ini adalah contoh dari beberapa scene dalam animasi pendek The History of Dragon Boat Festival :

Demikianlah sekilas tentang proses pembuatan animasi pendek The History of Dragon Boat Festival yang saya produksi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.