Search merupakan film animasi pendek yang memiliki latar belakang mengenai masalah bahan bakar fosil yang sudah mulai digantikan oleh bahan bakar terbarukan seperti angin, air dan listrik. Tetapi dalam film ini, penulis memilih kotoran sapi sebagai bahan bakar pesawat.

Film animasi pendek ini dibuat dengan teknik 2D yang memakai flat color dan outline hitam di setiap karakter nya. Film ini juga tidak memiliki dialog atau biasa disebut film bisu, dan film ini memiliki genre drama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar Ali dan Pak Tani

Dalam perancangan film ini, penulis melakukan tahapan mulai dari pre produksi, produksi hingga pasca produksi. Dalam pre produksi, penulis memulai dengan mencari data serta bahan-bahan melalui riset untuk dipakai dalam tema yang ingin diangkat menjadi film animasi 2D. Dalam produksi, penulis membuat sinopsis, premis, sketsa karakter serta storyboard nya. Setelah sketsa kasar didapatkan barulah dilanjutkan membuat karakter yang cocok dan environment yang sudah final. Pasca produksi merupakan waktu dimana penulis melakukan compositing pada film animasi yang sudah disusun sebelumnya Proses di atas tersebut merupakan perjalanan dari pembuatan film animasi 2D “Search” . Dengan dibuatnya film pendek ini, penulis berharap agar penonton terhibur dengan film yang penulis buat.

Berikut beberapa aset dan environment.