Bad Habit adalah film Animasi Pendek yang menceritakan tentang seorang pemuda yang memiliki kebiasaan konsumtif dan gemar berhutang. Film Animasi Pendek Bad Habit dibuat menggunakan style 3D, sebagaimana yang kita ketahui saat ini bahwa film Animasi Pendek dengan style 3D sedang menjadi tren di dunia dan juga film Animasi dengan gaya 3D dapat lebih diterima dan diminati oleh semua kalangan karena karakter dari film Animasi dengan style 3D dapat terlihat lebih hidup dan nyata.

Dengan menggunakan style 3D, pengerjaan film Animasi Pendek ini dapat lebih mudah dan cepat karena tidak harus melalui proses mengambar pose-to-pose secara manual, sehingga dapat lebih menghemat waktu produksi dibandingkan jika dikerjakan dengan style 2D.

Dalam pengerjaan film Animasi Pendek Bad Habit, ada 3 tahapan produksi yang harus dilalui dan dikerjakan. Tahapan pertama dimulai dari Pra Produksi, Tahapan kedua Produksi, dan Tahapan ketiga Pasca Produksi. Tiap tahapan tadi saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain dan wajib dilalui dalam setiap produksi film ataupun film Animasi.

Pra Produksi :

Dimulai dari identifikasi masalah kemudian mengumpulkan data dari masalah tersebut setelah itu menyusun cerita lalu kemudian Storyboard, Storyboard yang dibuat akan membantu untuk mempermudah penulis untuk membuat sebuah adegan dan menyusun adegan tersebut.

Produksi :

Pertama akan dibuat Aset-aset seperti karakter dan Elemen-elemen Environment yang dibutuhkan, setelah itu menyusun suasanya adegan lalu memberikan Texture kepada masing-masing aset, setelah itu lanjutlah ke tahap rigging karakter dimana setelah rigging karakter masuklah ke tahap pembuatan adegan, dalam pembuatan adegan yang dibutuhkan adalah pencahayaan dan posisi kamera lalu meng-animasi-kan karakter dan di-render hingga mendapatkan beberapa potongan adegan.

Pasca Produksi :

Hal yang pertama dilakukan adalah menjahit semua potongan-potongan adegan sehingga menjadi suatu kesatuan, lalu setelah itu lanjut ke tahap color grading dimana warna akan dimainkan untuk mencapai mood yang diinginkan lalu setelah itu diberi sound effect dan lain sebagainya. Setelah itu hasil dari editing tersebut lalu di-render sehingga menjadi sebuah film Animasi Pendek.

Dalam pembuatan film animasi pendek ini, penulis melakukan riset mendalam terhadap gaya hidup konsumtif pada generasi milenial dan mencari tahu alasan-alasan yang mendasari seseorang hingga berhutang. Dari riset yang mendalam tadi, penulis kembangkan lagi sehingga bisa menghasilkan film Animasi Pendek Bad Habit.

Penulis berharap Bad Habit dapat diterima baik oleh para penonton, dapat menghibur penonton dan dapat membawa pesan baik kepada penonton sehingga dapat menyadarkan mengenai dampak buruk dari berhutang dan konsenkuensi yang harus dihadapi ketika berhutang untuk keperluan yang konsumtif.

Sekian proses pembuatan film animasi edukasi “Bad Habit” yang saya buat. Semoga bisa bermanfaat atau menginspirasikan anda. Terimakasih.