Deskripsi Project:

Dalam rangka mengedukasi kapada masyarakat, tentang penyakit diabetes, penulis membuat animasi edukasi dengan membahas tentang penyakit diabetes. Penulis membuat ini bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat tentang penyakit diabetes, bahaya penyakit diabetes, dan cara mengobati jika sudah terkena penyakit diabetes.

Premis:

Mengedukasikan apa itu penyakit Diabetes kepada masyarakat supaya bisa menjaga pola makan, menjelaskan jenis-jenis penyakit Diabetes, dan faktor pendorong yang menyebabkan penyakit Diabetes.

Deskripsi Pembahasan:

Maraknya perkembangan food technology melahirkan banyaknya variasi berbagai jenis makanan, dari makanan ringan hingga makanan berat termasuk minuman. Di Indonesia perkembangan food technology sangat banyak. Berbagai pabrikan makanan dan minuman menciptakan makanan dengan variasi baru dengan rasa-rasa yang baru. Dari banyaknya berbagai macam jenis makanan, tidak menutup kemungkinan makanan tersebut sehat. Penyakit yang rentan menyerang adalah penyakit Diabetes. Zaman sekarang penyakit tersebut tidak hanya menyerang orang berusia lanjut tapi juga meyerang orang yang berusia muda. Penyakit Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah hingga di atas nilai normal. Ada dua jenis Diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

“ Diabetes Melitus (DM) dikenal sebagai silent killer karena sering tidak disadari oleh penyandangnya dan saat diketahui sudah terjadi komplikasi” ( Hestiana, 2017)

Diabetes adalah penyakit berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

 

“Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.” (dr. Marianti, 2020)

 

Faktor Resiko Pendorong Diabetes

– Faktor riwayat keluarga atau keturunan

– Faktor geografi

– Faktor usia

– Berat badan berlebih atau obesitas

 

Pengobatan Penyakit Diabetes

– Mengontrol glukosa darah

– Suntik hormone insulin buatan ( Bagi penderita yang sudah parah )

– Menjaga pola makan sehat agar kadar glukosa tidak meningkat tajam

– Olahraga teratur untuk membantu mengontrol tingkat glukosa darah

 

Kesimpulan

Penyakit diabetes bisa dicegah maupun diobati. Dalam pencegahan perlu kesadaran orang untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Dalam pengobatan, penderita diabtes wajib rutin control ke dokter untuk menekan gula darah tidak terlalu tinggi. Jika penyakit diabetes diabaikan bagi penderitanya, bisa berakibat komplikasi pada tubuh dan sangat membahayakan.

Penutup

Dari semua pemaparan diatas dapat kita lihat betapa pentingya menjaga pola hidup sehat dan menjaga pola makan agar kita terhindar dari penyakit diabetes. Bagi anak muda kalian harus menjaga pola hidup sehat dan menjaga pola makan.dikarenakan penyakit diabetes memiliki efek jangka panjang. Sekian dari saya, terimakasih.