PERANCANGAN IP KARAKTER “YOLA DAN MONSTER”

Karakter adalah suatu unsur paling penting dalam sebuah penciptaan sebuah karya, mulai dari komik, animasi dan juga Intellectual Property atau IP. Dasar dari proses perancangan karakter adalah salah satu langkah paling awal untuk sebuah IP. Dalam karya tugas akhir penulis, proses penciptaan karakter adalah proses awal dari pemikiran penulis sambil menetapkan konsep dari karya penulis.

Dari proses pertama desain karakter, karakter haruslah cocok dengan tema dari karya visual nya sendiri. Misalnya untuk karakter Yola dan Monster ini adalah untuk anak-anak bertema fantasi. Hal ini dilakukan untuk penyampaian pesan masuk untuk audience melalui karya visual sendiri. Dapat dilihat dari ilustrasi, latar belakang, dan baju atau kostum karakter, semua akan dicocokan dengan visual karakter yang di buat nantinya. Bermulai dari riset dan mencari visual yang cocok, melalui proses ini semua karakter akan menemukan titik akhir dimana audience dari riset akan memilih dan akan di tetapkan oleh audience.

Ukuran tinggi dari anak kecil lebih pendek dari pada monster. Selain tinggi mereka juga memiliki perbedaan bentuk, yang misalnya anak keicl meiliki badan kecil dan ramping dan bersiluet bulat, sedangkan monster berbadan besar dan gemuk, bertanduk terlihat seperti liar. Dengan perbedaan ini, secara siluet kedua karakter jelas dapat dibedakan dengan mudah, kontras secara proporsi mereka juga beda dan masing-masing dapat memberikan kemenarikannya masing-masing.