Overweight adalah judul dari tugas akhir animasi edukasi yang dimana dalam film animasi edukasi tersebut menjelaskan tentang gaya hidup, pola makan, dan overweight itu seperti apa serta penyebab dan penangannya. Pada awal film animasi edukasi overweight ini menjelaskan apa itu overweight? Dan menjelaskan penyebab dan faktor ternjadinya overweight. Overweight ini merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kelebihan berat badan dan tidak menjaga pola hidup dan makan yang baik sehingga dapat terjadinya overweight. Selain itu dalam animasi edukasi ini, memberitaukan khususnya kepada orang tua bahwa penderita yang mengalami kelebihan berat badan sering kali dianggap lucu atau menggemaskan, padahal hal tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan si penderita. Lalu di bahas lagi dengan kasus angka penderita overweight terutama di Indonesia, yang masih mengganggap masalah kegemukan ini bukan masalah yang sangat serius atau penting. Maka dari itu dalam film animasi edukasi ini lebih banyak mengulas dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi para penonton agar lebih terbuka lagi wawasannya mengenai masalah kegemukan atau kelebihan berat badan.

Dalam pembuatan asset dan karakter dalam film animasi edukasi overweight ini menggunkan karakter flat design yang dimana bertujuan untuk mempercapat proses pengerjaan dan efesiensi waktu produksi. Lalu untuk gerak animasi ini menggunakan motion graphic dengan tujuan agar pesan yang disampaikan melaluin animasi edukasi ini mudah di ingat dan menarik di lihat oleh para penonton. Lalu dalam pemlihan warna penulis menggunakan warna – warna yang kontras agar asset terlihat lebih jelas dan enak dipandanng oleh para penonton.

Dalam pembuatan poster penulis membuat dua gaya poster yang dimana masing – masing memiliki pengertian yang berbeda. Untuk poster pertama penulis lebih menekannya gambar timbangan sebaagai arti berat berlebih dan di kelilingi makanan dan minuman sehat. Lalu poster ke dua memiliki arti dengan adanya dua jenis makanan sehat dan makana tidak sehat.

Jadi pada kesimpulannya dalam pembuatan film animasi edukasi overweight ini diawali dengan ide masalah kegemukan yang dimana masyarakat Indonesia masih menganggap masalah kegemukan ini merupakan masalah yang sepele dan tidak dianggap penting. Maka dari itu dengan dibuatnya animasi edukasi mengenai overweight semoga dapat membantu dan memberikan informasi seputar overweight kepada masyarakat Indonesia, agar lebih terbuka lagi pikiran dan wawasannya mengenai masalah penyakit kegemukan ini