Surat Bagai Sahabat adalah film animasi pendek yang menceritakan tentang seorang anak berusia 12 tahun bernama Hana yang mencoba berkomunikasi dengan sahabatnya, Risa, yang tinggal didaerah perkotaan. Dalam film ini, Hana baru saja pindah bersama ayahnya ke daerah pedesaan yang tidak mendapat akses siyal dengan baik sehingga dia kesulitan untuk berkomunikasi dengan sahabatnya. Oleh karena itu, Hana mencari solusi dengan menuliskan surat kepada Risa.

Tahap awal dari pembuatan film animasi pendek ini adalah pembuatan cerita. Penulis membuat cerita berdasarkan tema snail mail atau bisa disebut juga dengan surat menyurat. Setelah membuat cerita, proses selanjutnya adalah membuat storyboard. Dalam pembuatan storyboard ini penulis merancang komposisi scene yang akan ditampilkan dalam film tersebut.

Kemudian setelah membuat cerita, dilanjutkan dengan pembuatan karakter. Dalam perancangan karakter, penulis ingin membuat wajah karakter  sesederhana mungkin dan lebih mengacu pada desain yang ikonik. Penulis merancang karakter Hana dengan shape yang cenderung bulat untuk menggambarkan bahwa Hana adalah karakter yang masih muda dan memiliki sifat gampang berteman dan periang sedangkan karakter Risa memiliki bentuk yang sedikit lonjong untuk menggambarkan sifatnya yang lebih dewasa.

Karakter dalam film animasi pendek ini juga memiliki mata yang bulat dan lebih dominan berwarna hitam untuk membuat desain karakter ini lebih sederhana dan ikonik yang terinspirasi dari ikon emoji. Untuk dapat menggambarkan karakter yang ekspresif, penulis memutuskan untuk memakai gaya rambut kuncir satu untuk rambut karakter Hana karena gaya rambut ini mudah untuk digerakkan dan sangat fleksibel yang memungkinkan penulis untuk ikut menggerakkan kuncirnya ketika karakter Hana bergerak atau berekspresi supaya menambah kedinamisan karakter tersebut. Sedangkan untuk menggambarkan karakter Risa yang cenderung lebih sensitif, penulis menggunakan gaya rambut yang panjang dengan bentuk yang cenderung bergelombang.

Demikian sekilas dari proses pembuatan film animasi pendek  Surat Bagai Sahabat. Semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.