KULITAKAU adalah sebuah IP dengan turunan Gamer Merchandise  becerita tentang sekelompok makanan daerah Bangka yang berjuang mempertahankan wilayahnya dari jajahan makanan  barat atau fastfood.Krisi Lanca(lempah kuning) dan adiknya Ladik lanca(lempah darat) serta para Giri(getas) berusaha melawan jajahan dari Pasttela (Spaghetti) dan bawahannya Pastella yaitu Margaritta (pizza) serta Patty(burger). Cerita ini dilatar belakangi tentang masalah minimnya dokumentasi makanan daerah Indonesia khusus Bangka selain itu orangtua jaman sekarang lebih memilih membawa anak-anaknya makan di restoran fastfood . Dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai makanan daerah Bangka , maka dibuatlah sebuah IP game berjudul KULITAKAU. Ide untuk latar belakang ini penulis dapatkan dari membaca berita dan pengalaman pribadi penulis terhadap respon masyrakat tentang makanan daerah Bangka.

The Making of “KULITAKAU”

Dalam pembuatan KULITAKAU, penulis memfokuskan pada tema petarungan antara makanan daerah Bangka dengan makanan Fastfood atau Barat. Dalam pembuatan Karakter IP, pertama-tama penulis membuat beberapa  alternatif karakter, kemudian melakukan bimbingan yang akhirnya menyisahkan menjadi 1 desain karakter. Lalu,dilanjutkan dengan pembuatan asset 3D Character baik (modeling,texturing,rigging,dan skinning) dan barulah dilakukan pembuatan cerita tentang petarungan

Karena pembuatan IP game ini bergrafik 3D, maka penulis harus membuat dan menampilkan lighting dengan benar dengan melakukan test render berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang diingini, dan mengatur intensitas dan warna lighting pada proses test render agar mendapatkan hasil mood yang diinginkan oleh penulis, setelah itu baru penulis melakukan final render. Gambar diatas menampilkan penggunaan IP character dalam pembuatan salah satu scene untuk trailer game KULITAKAU. Sebelum akhirnya dilakukan final render

Diatas ini adalah hasil final render dari salahsatu scene yang terdapat dalam trailer game. Dalam pembuatan IP Character ini, penulis menggunakan Character style yang semi realis dan juga environment yang mendukung, dengan pewarnaan lebih condong ke pewarnaan warm color dan gerakan animasi yang tidak terlalu mendetail namun masih memiliki prinsip-prinsip animasi didalamnya.

 

Demikian proses pembuatan IP game KULITAKAU ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi anda semua .Terima Kasih.