People Innovation Excellence
 

“HIGH LEVEL IMAGINATION” – Behind the Scene

Project yang saya buat bertemakan makanan tradisional yaitu ketoprak di mana saya membuat ini bertujuan untuk memperkenalkan makanan tradisional terutama ketoprak ini ke kalangan anak muda dan juga masyarakat internasional yang tidak tau apa-apa tentang ketoprak, dengan media animasi pendek.

Di sini saya akan membahas cara pembuatan animasi pendek “HIGH LEVEL IMAGINATION” ini pertama animasi pendek ini menggunakan tehnik shell shading di mana terdapat outline hitam di setiap karakter dan objek di sekitarnya dan menggunakan flat render agar render semakin cepat. Saya membuat animasi pendek ini menggunakan 3 program saja yaitu 3Ds Max, Photoshop dan premiere pro. Tahap pertama yang saya lakukan adalah membuat sketch karakter terlebih dahulu, lalu saya membuat model 3D sesuai dengan sketch tersebut.

Setelah selesai membuat asset 3D saya tinggal meskining dan menganimasi karakter saya sesuai dengan cerita yang telah saya buat. Setelah proses semua sudah selesai saya memberikan sentuhan terakhir pada animasi saya di premiere agar semakin bagus.

Yang di lakukan saat menggunakan premiere pro saya memberikan effect asap dan juga beberapa effect lainnnya dan juga saya memberi sound effect agar animasi pendek saya semakin menarik. Saya juga menggunakan fitur color correction di premiere pro agar animasi pendek saya dapat sesuai dengan laporan yang telah saya buat.

Kesimpulan dari karya yang saya buat adalah makanan tradisional Indonesia harus tetap di jaga karena itu adalah ikon wisata dari Indonesia agar turis senang datang ke Indonesia, kita dapat memperkenalkan dengan berbgai cara salah satunya dengan membuat animasi agar masyarakat luar negeri tertarik.

Oleh: Ronaldo Jordie Santoso


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close