THE VEGGIES WEB SERIES adalah serial animasi yang menceritakan mengenai sekumpulan anak-anak sayuran yang bermain bersama teman-teman. Dilatarbelakangi dengan permasalahan anak yang kurang mengkonsumsi sayuran, maka dibuatlah sebuah intellectual Property (IP) yang dapat mengenalkan berbagai jenis sayuran kepada anak-anak melalui sebuah cerita web series.

Cerita yang diangkat pada serial animasi ini yaitu mengenai kehidupan mereka bersekolah dan bermain bersama teman-teman yang memiliki sifat yang berbeda dan saling belajar dengan perbedaan yang ada. Cerita akan berawal pada Carrot yang senang menjahili temannya Brokki, kemudian cerita akan berkembang dengan masuknya teman-teman lainnya ke dalam cerita untuk menambah bumbu cerita. Serta kehidupan diluar sekolah dimana mereka bisa bermain bersama, bekerja sama dan berimajinasi berpetualang dengan teman-teman.

Karakter pada The Veggies diawali dengan hanya Brokki, Carrot, dan Teyron. Kemudian jumlah karakter berkembang karena penulis merasa masih banyak sayur-sayuran yang dapat dikenalkan kepada anak-anak serta penulis merasa masih banyak sifat pada anak yang dapat dimasukkan pada karakter sayuran yang dibuat. Latar cerita yaitu sekolah dimana pada umumnya anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya disekolah untuk belajar serta tempat bermain dimana anak-anak dapat berimajinasi dengan apa yang mereka punya dan menikmati waktu bermainnya bersama dengan teman-teman.

Untuk mengenalkan IP kepada anak-anak, maka dibuatlah berbagai macam merchandise yang dapat ditawarkan kepada anak-anak serta orang-orang yang tertarik pada IP. Macam merchandise seperti pin, keychain, pembatas buku, sticker, dan lain-lain guna memperkenalkan IP dan membuat anak-anak lebih tertarik dengan mengkoleksi berbagai macam karakter yang mereka sukai.

Untuk perkembangan IP kedepannya, IP akan terus berkembang ke berbagai media seperti komik, game, sticker, dan lainnya kemudian realisasi serial animasi dapat dilaksanakan untuk mengenalkan karakter kepada anak-anak serta The Veggies dapat menjadi sebuah IP yang memiliki nilai usaha namun memberikan nilai edukasi dan diharapkan melalui IP ini anak-anak yang mulai mengenal dan tertarik dengan sayuran dapat mulai mencoba untuk menyukai sayuran dan permasalahan yang ada dapat terperbaiki.

Oleh: Yerry Mias