“OVER !” merupakan film pendek animasi 3D yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang tidak sengaja menabrak seorang pria dijalan dan akhirnya membuat banyaknya spekulasi yang membuat mahasiswa tersebut hingga overthinking. Tujuan dari film pendek animasi ini adalah untuk memberikan pesan bahwa overthinking tidak selalu salah. Gaya visual yang diangkat dalam film ini adalah Post-Modern Gothic dan German Expressionism.

Untuk penggunaan warna, penulis terinspirasi warna dari film animasi seperti Boxtrolls, Coraline dan juga Paranorman. Pemakaian warna yang kontras dapat terlihat pada scene-scene dalam film animasi pendek “OVER !”

Untuk pembuatan karakter sendiri, penulis buat dari awal menggunakan software 3dsmax. Untuk texturing, dikarenakan texture yang tidak begitu kompleks, penulis mengedit texture karakter dan properti sendiri di software photoshop jadi tidak menggunakan software seperti substance painter. Penulis menggunakan plugin Advanced Skeleton untuk melakukan rigging di maya. Awalnya penulis menggunakan Unreal Engine untuk me render, tetapi dikarenakan adanya hambatan dalam memasukkan rigging karakter kedalam Unreal Engine, penulis menggunakan software maya untuk menganimasi dan me-render scene-scene yang dipakai.

Pembuatan Environment dalam film animasi pendek “OVER !” , penulis mendapatkan referensi dari gang sempit yang padat akan rumah penduduk dan juga kos-kosan.

Akal adalah seorang mahasiswa yang tinggal dikosan kumuh dan murah didalam gang sempit, suatu hari tidak sengaja menabrak seorang lelaki gemuk bertato yang dikira sebagai preman bernama Bob.

Bob adalah seorang lelaki misterius yang tidak sengaja ditabrak oleh Akal saat berjalan di gang sempit menuju kosan dan suatu kebetulan keesokan harinya Bob tinggal dikosan yang sama dengan Akal.

Demikian sekilas proses pembuatan film animasi pendek “OVER !” yang penulis dapat jabarkan secara singkat, semoga melalui artikel singkat atau animasi pendek yang tidak terlalu sempurna ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi kepada siapapun yang akan membuat karya film animasi pendek atau karya lain kedepannya. Terima kasih ?

Oleh: Bunny Marshella