12

“Berhijab Beneran Yuk!” merupakan suatu animasi edukasi mengenai tata cara dan aturan berhijab yang sesuai dengan syariat Islam. Hal ini berawal dari rasa prihatin mengenai wanita muslimah yang sudah memakai hijab, tetapi minim pengetahuan bahwa hal tersebut bukanlah sekedar kain yang membungkus kepala.

Animasi edukasi ini berbentuk dua dimensi (motion graphic), mempunyai durasi waktu 4 menit dengan target audiens wanita muslimah berusia 18-22 tahun yang sudah berhijab.

cc

Dalam konteks animasi edukasi, hal yang terpenting adalah naskah dan visual pendukung.

“Berhijab Beneran Yuk” membahas 4 poin utama hasil observasi penulis mengenai kesalahpahaman berhijab, yaitu: berpakaian ketat, transparan, aurat masih terlihat, dan tabarruj. Penyampaian informasi dalam naskah dilakukan dengan penyesuaian terhadap preferensi target audiens, dan disertakan ayat dari Qur’an maupun Hadits sebagai bukti fakta (bukan mengada-ada). Penting bagi audiens untuk mengerti ‘kenapa saya harus menyaksikan animasi ini’, oleh karena itu dibutuhkan alasan sebagai opening, lalu bridging, barulah penyampaian informasi; setelah itu ditutup dengan rangkuman dan persuasi yang diinginkan penulis.

vvvvver

Visual yang ditampilkan dalam “Berhijab Beneran Yuk!” mempunyai palet warna yang mengandung nuansa kewanitaan beserta warna komplimenternya, yaitu red (pink) – violet – purple. Pergerakan warna dari awal hingga akhir film dengan color script ungu gelap menuju pink muda – putih menggambarkan ketidaktahuan target audiens hingga pada akhirnya mengerti dan kembali suci (fitrah).

Graphic style yang digunakan bersifat minimalis yang merujuk ke bentuk dasar, dengan komposisi simetris dan centered sehingga fokus target audiens langsung menuju ke titik tengah layar dan visual pun lebih mudah untuk teridentifikasi.

bfe

Sekian cuplikan dari proses pembuatan animasi edukasi “Berhijab Beneran Yuk!”, Semoga bermanfaat dan/atau bisa menginspirasi anda. Terimakasih!

Penulis.
Anisa Nabila