THE MAKING OF “TITANS & TITANESSES”

dd

Animasi edukasi yang berjudul Titans & Titanesses adalah animasi edukasi yang memberi pengetahuan mengenai Titan dan Titaness dari Mitologi Yunani. Animasi edukasi ini dikemas dalam bentuk infografis edukasi dengan tujuan untuk mengenalkan berbagai Titan dan Titaness dari Mitologi Yunani yang masih kurang dikenal kepada masyarakat. Dalam animasi edukasi ini, penulis akan membahas secara singkat mengenai kedua belas Titan dan Titaness yang dianggap sebagai “Dua Belas Orisinil” dalam Mitologi Yunani sebelum Zeus dan saudaranya.

qq

Sebelum membuat animasi edukasi ini, penulis melakukan riset dengan metode studi pustaka. Studi pustaka yang dilakukan oleh penulis dengan cara mengumpulkan data dan informasi mengenai topik yang diangkat secara mendalam. Setelah riset dilakukan kemudian dibuat treatment yang berkembang menjadi naskah. Storyboard dibuat saat proses pembuatan naskah selesai. Penulis membuat animasi edukasi ini dengan treatment 2D dan motion graphics. Penulis mencoba membuat infografis yang dapat menyampaikan informasi secara jelas dan menarik untuk dilihat. Dalam pembuatan visualisasi karakter, penulis membuat sketsa 2D terlebih dahulu sebagai awal pengumpulan ide. Setelah didapatkan bentuk visual yang sesuai, kemudian semua karakter dan aset tersebut dibuat dalam bentuk vector. Penulis menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator dalam pembuatan semua karakter dan aset dalam animasi edukasi ini.

vq

Setelah pembuatan karakter, aset, setting, perancangan judul, teks, dan mood warna selesai, penulis melanjutkan pembuatan dengan melakukan voice over yaitu proses perekaman suara narator yang kemudian akan dimasukkan ke dalam infografis. Setelah melakukan voice over, penulis melanjutkan dengan melakukan proses compositing yang kemudian dilanjutkan dengan proses editing. Penulis menggunakan software Adobe After Effects dan Adobe Premiere Pro dalam melakukan proses compositing dan proses editing.

qe

Penulis berharap animasi edukasi Titans & Titanesses ini, dapat membantu membuka wawasan masyarakat mengenai mitologi Yunani dan dapat lebih mengenalkan berbagai Titan dan Titaness dalam Mitologi Yunani yang masih kurang dikenal oleh masyarakat.

Penulis.
Dewi Pratiwi Anugrah Gusti