nn

HIDRASIKAN DIRIMU adalah animasi edukasi yang membahas pentingnya hidrasi yang baik dan bahaya dehidrasi pada tubuh manusia. Melihat minimnya pengetahuan dan kesadaran publik tentang hidrasi dan bahaya dehidrasi, video ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik tentang hidrasi yang baik dan bahaya dehidrasi bagi tubuh.

vv

Animasi edukasi ini ditujukan untuk remaja hingga dewasa, khususnya mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang cenderung memiliki tingkat kesibukan yang relatif tinggi. Video ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Pentingnya Hidrasi Bagi Tubuh, Bahaya Dehidrasi Ringan dan Berat, dan Kriteria Air Yang Baik. Penulis menggunakan gaya visual 2 dimensi motion graphic yang sederhana dengan menggunakan basic shapes berbasis vector. Keseluruhan aset dibuat menggunakan adobe illustrator, penulis juga banyak menggunakan warna solid pastel agar terkesan serius tetapi juga terkesan ringan.

mm

Pada animasi ini penulis menggunakan beberapa karakter sesuai dari kategori usia dan kebutuhan air untuk mempermudah penyampaian informasi, beberapa karakter tersebut juga berguna untuk membantu membawa alur cerita.

kk

Selain menggunakan karakter penulis juga menggunakan icon yang representatif untuk mempermudah penyampaian informasi, seperti organ-organ tubuh yang terdiri dari air dan organ apa saja yang terpengaruh oleh dehidrasi. Selain itu penulis juga menggunakan tipografi untuk memperjelas bagian yang sedang diceritakan atau ditampilkan. Penulis juga menggunakan narasi agar penonton lebih memahami informasi yang disampaikan dalam animasi edukasi ini.

yy

Sebuah informasi akan lebih menarik minat dan perhatian apabila dikemas secara menarik, animasi merupakan suatu media yang dapat menarik perhatian penonton. Penulis memilih motion graphic karena dapat menyampaikan info dengan jelas dan menarik menggunakan gaya visual yang sederhana agar informasi dapat tersampaikan lebih baik kepada penonton, karena informasi akan lebih mudah dicerna dengan cara dilihat, dibaca, dan didengarkan.

Demikian ulasan singkat tentang proses pembuatan animasi edukasi “HIDRASIKAN DIRIMU”. Semoga animasi edukasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terimakasih

Penulis,
Ramadian Agri Putra