v1

Salah satu karya tugas akhir yang menyampaikan pembelajaran tentang kecanduan remaja terhadap game online berjenis MMORPG. Tujuan perancangan ini adalah untuk menghadirkan film edukasi yang memberikan informasi & cara mengatasinya serta memberikan informasi sehingga penonton bisa mendapatkan informasi dan pesan pesan penting tentang bahayanya MMORPG.

v11

Penulis mengangkat tema dan isu tentang perkembangan game online yang tidak terkendali di Indonesia, yang menyebabkan banyak nya remaja atau pun orang dewasa mengalami kecanduan terhadap game online. Sehingga para remaja akhirnya melupakan kewajiban mereka untuk belajar hingga nilai akademis mereka menurun serta melupakan cara bersosialisasi. Dalam film animasi edukasi ini penulis menceritakan bahayanya bermain game berjenis  MMORPG, ciri ciri remaja yang kecanduan bermain game dan bagaimana mengatasinya agar tidak mengakibatkan ketergantungan terhadap MMORPG tersebut.

v111

Aset aset yang digambar disederhanakan dan dibentuk sesuai priset dalam game. Penulis juga membentuk beberapa karakter siluet sederhana yang melambangkan karakter dalam game di mana masing masing karakter berbeda satu sama yang lain yang memiliki peran penting di dalam game.

Dalam animasi edukasi ini, Penulis menggunakan warna biru sebagai warna utama, Penggunaan warna biru ini untuk menyesuaikan tema MMORPG dan perkembangan teknologi, Sehingga menampilkan animasi yang bernuansa futuristik.

Proses produksi dilakukan dengan SAI paint tool, Photoshop, Adobe After Effect danAdobe Premiere.

Demikian sekilas gambaran film animasi Edukasi MMORPG & The Effect, Semoga pembaca mendapatkan manfaat dan informasi yang dibutuhkan.

Penulis,

Viviwaty