3333

ZERO ONE adalah sebuah film dokumenter animasi pendek tentang latar belakang salah satu komunitas Hip-Hop terbesar di Indonesia,khususnya di daerah Ibu kota Jakarta.yang sampai saat ini masih terus aktif dan berkembang mempertahankan salah satu culture kebudayaan asing yang berdampingan dan beradaptasi dengan culture kebudayaan di Indonesia.dan menjadi salah satu wadah edukasi untuk Hip-Hop ditanah air.

333

Pada film ini penulis memulainya dengan pemilihan konsep cerita serta konsep desain yang akan di terapkan. Khususnya pada tanggapan masyarakat umum tentang Hip-hop diIndonesia,Arti Hip-Hop,dan tujuan dari terbentuknya komunitas ini sebagai salah satu wadah edukasi untuk Hip-Hop di tanah air.

33

Penulis membuat konsep cerita untuk film dokumenter animasi pendek ini menjadi naratif dokumenter.sebuah cerita yang bermulai dari awal mulanya Hip-hop terbentuk hingga akhirnya berjalan berdampingan dengan kebudayaan di Indonesia.Film ini berisi dari perpaduan live shoot narasumber,live shoot footage dan animasi motion kinetic typography. Penulis terjun langsung ke medan yang dituju yaitu Hip-Hop dan menggali informasi langsung kepada para pelakunya,agar informasi yang di dapat akurat dan dapat dikemas dengan menarik.

3

Demikian sekilas pandangan mengenai tahapan-tahapan yang dilakukan penulis pada proses pembuatan film pendek animasi ini, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih.

Penulis.

WIBAWA TRY PUTRA ES

IMONFLITZ@GMAIL.COM