PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL ANIMASI EDUKASI   “ MONSTER SAMPAH YANG MENGERIKAN ”

ms1

Jakarta adalah ibukota negara Indonesia yang merupakan salah satu kota besar yang terus berkembang dan padat penduduk. Seiring dengan bertambahnya penduduk, kebutuhan akan keperluan hidup semakin meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran masyarakat serta pola pikir masyarakat untuk menjaga lingkungannya yang juga di tuntut untuk terus berkembang, salah satu halnya adalah pentingnya kepedulian masyarakat akan sampah.

Dilatar belakangi masalah ini penulis ingin membuat animasi yang dapat mengedukasi masyarakat agar masyarakat menyadari dan mengetahui akibat yang di timbulkan dari sampah yang tak terkendali. Mengajarkan masyarakat untuk peduli terhadap sampah di lingkungan sekitar mereka, dan mendidik anak-anak sejak dini untuk menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Dalam animasi edukasi ini penulis memilih untuk menggunakan visualisasi anak laki-laki yang ketakutan karna berbagai macam akibat buruk dari sampah yang menggunung, visualisasi monster sampah dan sampah di sekitarnya menggambarkan akibat dari masyarakat yang tidak peduli akan sampah yang jika di biarkan begitu saja bisa menjadi monster bagi dirinya sendiri dan juga oranglain. Dalam pembuatan animasi edukasi ini penulis menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat asset, yang kemudian akan di animasikan dengan menggunakan Adobe Flash.

ms2

 

ms3

Film animasi edukasi ini pada dasarnya menjelaskan mengenai berbagai macam kebiasaan masyarakat Jakarta yang suka membuang sampah sembarangan. Secara kasar dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu mengenai berbagai kebiasaan masyarakat Jakarta yang suka membuang sampah sembarangan dan akibat dari perbuatan mereka itu sendiri. Tentu saja dengan porsi terbesar berada pada akibat dari kebiasaan membuang sampah sembarangan dan tidak menjaga lingkungan. Film juga disertai dengan narasi sehingga informasi yang disampaikan menjadi semakin tepat dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan penyampaian informasi.

Berikut beberapa karakter dan story board dalam animasi ini :

ms4

ms5

Singkat kata, penulis membuat animasi edukasi Monster Sampah Yang Mengerikan yang di angkat dari permasalahan yang sering terjadi di Indonesia yaitu kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan, semoga animasi edukasi ini mampu menjadi media pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan informasi pada masyarakat. Besar harapan penulis agar masyarakat mau peduli, menjaga, dan merawat lingkungan sekitar.

 

Natanael Krismawan R. 2014