Serviks_01

‘Awas Kanker Serviks!’ merupakan sebuah animasi edukasi yang membahas hal-hal mendasar yang perlu diketahui masyarakat tentang kanker serviks. Animasi ini disajikan dalam bentuk animasi 2D infographic dengan menggunakan warna yang sesuai dengan wanita muda masa kini.

Kanker serviks adalah kanker leher rahim yang hanya terjadi pada wanita. Kanker ini adalah penyakit berbahaya nomer satu yang sudah banyak membunuh wanita Indonesia. Banyaknya angka penderita kanker serviks di Jakarta juga menunjukan kurangnya pengetahuan masyarakat Jakarta tentang Kanker Serviks. Kurangnya pengetahuan ini menyebabkan kurangnya kesadaran masyarakat tentang cara menghindari, cara penanganan, vaksinasi dan pengobatan kanker serviks.

Penyebab utama kanker serviks adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi HPV terdeteksi pada 99,7% kasus kanker serviks. Namun, selain Infeksi HPV ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan Kanker Serviks. Kebiasaan merokok merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Serviks_02

 

Kanker Serviks dapat dicegah dengan melakukan papsmear, vaksinasi, setia pada pasangan, memelihara kebersihan tubuh, dan jangan merokok.

Serviks_03

Karena itu penulis ingin memberikan informasi betapa berbahayanya penyakit ini kepada masyarakat terutama kaum wanita. ‘Awas Kanker Serviks!’ diharapkan dapat menjadi sebuah pembelajaran bagi masyarakat terutama wanita.  Animasi ini juga merupakan animasi edukasi yang sarat informasi sekaligus media yang tepat untuk mendapatkan awareness dari masyarakat.

Serviks_04

Maura Jessiquin Nasarani Putri,2014