cok1

Indonesia merupakan negara ke dua penghasil kakao terbesar di dunia. Secara umum kakao Indonesia memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh negara lain yaitu rasanya yang khas dengan melting point yang tinggi sehingga tidak mudah meleleh pada suhu setempat.Namun sayangnya, produksi kakao negeri kita ini dirasa belum optimal karena komoditas yang dihasilkan lebih banyak diekspor dalam rupa biji kakao dibandingkan diolah dan dinikmati sendiri oleh kita dan industri dalam negeri.  Selain itu masih banyak juga orang yang menganggap bahwa cokelat luar negeri memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan cokelat dalam negeri padahal ada kemungkinan bahwa negara-negara tersebut mengambil bahan baku kakaonya dari negara kita.

cok2

Kurangnya sosialisasi dan sedikitnya media yang membahas mengenai industri cokelat Indonesia ini membuat masih banyak masyarakat kita yang kurang peduli dan menyadari bahwa industri cokelat Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Maka dari itu animasi edukasi ini dibuat untuk memberikan informasi mengenai perkembangan industri cokelat Indonesia dan mengajak masyarakat untuk semakin mencintai cokelat dalam negeri.

cok3

Animasi ini merupakan motion graphic denganstyle iconic dan menggunakan banyak infografik agar penonton mudah memahami isi animasi tersebut. Tone color yang digunakan adalah warna netral dan earth color yakni warna-warna yang dekat dengan dengan warna cokelat dan turunannya.

Dalam proses pembuatan animasi edukasi ini, tidak lupa dilakukan survey secara langsung ke café coklat dan wawancara dengan para pelaku industri cokelat. Banyak informasi-informasi baru seputar cokelat yang unik dan menarik selama proses survey dan wawancara ini, dan tentu saja kalian bisa melihatnya jika menonton film edukasi ini.

cok4

Dengan semakin banyaknya inovasi dan informasi akan kebaikan cokelat, diharapkan konsumsi cokelat masyarakat bisa terus meningkat. Dan semoga animasi edukasi ini dapat membuka wawasan baru kepada kita semua terhadap industri cokelat Indonesia 😀