sok1

“Love is a beautiful struggle”

Sebuah animasi pendek karya Shirley Simadibrata yang bercerita tentang perjuangan seorang pangeran untuk meminang sang putri dalam sebuah sayembara kerajaan.  Cerita ini berawal dari sebuah tragedi pahit yang dialami keluarga kerajaan Loka, dimana sang raja dan ratu meninggal dunia dan meninggalkan 2 orang anak. Sejak saat itu, sang kakak pertama menggantikan ayahnya menjadi raja Loka. Adik yang kesepian, hanya menangis setiap harinya. Dengan harapan melihat adiknya bahagia kembali, akhirnya sang kakak memutuskan untuk mengadakan sebuah sayembara kerajaan untuk menemukan pasangan bagi sang adik. Barang siapa memenangkan pertandingan, dialah yang pantas untuk menjadi pasangan putri.  Sang kakak pun menyamar menjadi salah satu peserta pertandingan untuk menyeleksi para pangeran yang pantas untuk mendampingi adiknya. Ada 5 pertandingan yang dipilih sebagai kriteria seorang raja, yaitu: kecerdasan, keindahan, kesabaran /konsentrasi, ketepatan dan kekuatan.

Sokya Loka sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang mempunyai arti kebahagiaan dunia. Yang menggambarkan orang-orang yang saling berkompetisi untuk satu tujuan yang sama, yaitu mencapai kebahagiaan dunia.

Film ini terinspirasi dari cerita Rama dan Shinta, dimana terdapat sebuah sayembara untuk memperebutkan putri Shinta.

sok2

Ada 3 tokoh dalam film Sokya Loka. Sang putri yang bernama Nirbana, sang kakak yang bernama Gajendra yang menyamar menjadi Gajahsora sebagai peserta sayembara dan Abhinaya, seorang pangeran yang ikut dalam sayembara. Desain karakter dibuat menggunakan unsur-unsur ornamen jawa kuno yang dipadukan dengan gaya desain art nouveau.

sok3

sok4

Desain dibuat dengan menggunakan 3 tone warna dasar, yaitu emas, ungu dan kuning kemerahan. Warna-warna ini dipilih untuk memberikan kesan romantis, mewah dan semangat.

sok5

Dalam film ini, semua objek menggunakan low poly dan banyak bermain di tekstur dan material. Environment dan ornament  banyak menggunakan material seperti emas dan kaca.

Film pendek ini dibuat dengan menggunakan teknik 3D animation dengan total durasi 9 menit 58 detik. Berikut beberapa screenshot scene dalam film Sokya Loka.

sok6

Sekian artikel mengenai pembuatan film pendek “Sokya Loka”. Masih banyak kekurangan dalam film ini, tetapi semoga artikel ini dapat membantu dalam pengembangan ide dan memberikan inspirasi baru. Terima kasih.

Penulis,

Shirley Simadibrata.