Animasi Edukasi “Sahabat Berkaki Empat”

s1

Sahabat terbaik adalah sahabat yang setia dan tetap bersama dalam keadaan apapun. Anjing merupakan hewan peliharaan yang  dikenal karena kesetiaan serta pengabdiannya terhadap majikannya. Tidak jarang kita mendengar sebutan Man’s best friend  pada hewan yang satu ini. Tetapi tahukah kalian banyak terjadi penelantaran anjing saat ini? Penelantaran anjing banyak terjadi karena kurangnya tanggung jawab pet owner terhadap hewan peliharaannya.

Sahabat Berkaki Empat merupakan film animasi edukasi 2D yang mengangkat tentang penelantaran anjing yang marak terjadi saat ini. Animasi edukasi ini menampilkan trivia tentang anjing, penelantaran anjing serta bagaimana cara membantu anjing yang terlantar.Animasi ini di sajikan dalam bentuk motion graphics yang menggunakan konsep desain vektor.

s2

Tujuan penulis mengangkatan tema ini untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab pet owner bahwa memelihara anjing tidak hanya sekedar memberi makan  saja tetapi memberikan tempat tinggal yang layak, memperhatikan kesehatan mereka serta kebutuhan mereka yang lain sampai akhir hidup mereka. Selain itu pengangkatan tema ini merupakan kampanye tersirat agar orang-orang mau perduli dengan hewan peliharaannya dan mau mempertimbangkan agar mengadopsi anjing untuk membantu anjing yang terlantar dengan memberikan rumah baru bagi mereka.

s3

Karakter dan ornamen yang muncul dalam film animasi edukasi ini berbentuk simpel seperti icon. Warna-warna yang digunakan dalam animasi ini adalah warna dull dan pastel. Pemilihan warna ini dimaksud untuk menampilkan kesan sendu sekaligus kesan youthful dan soft. Penggunaan warna monochromatic digunakan untuk environment pada animasi agar karakter terlihat kontras.

s4

Singkat kata, semoga animasi edukasi ini mampu menjadi media pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan informasi pada masyarakat. Besar harapan penulis agar masyarakat mau perduli, menjaga, dan merawat lingkungan sekitar. Serta mau membantu hewan yang terlantar untuk mendapatkan rumah baru bagi mereka.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang

Marsya Yasinthia 2014