sr1

Kereta adalah transportasi dari masa ke masa yang akan terus digunakan. Sekarang ini mulai banyak anak anak yang menggunakan kereta untuk bepergian. Tetapi masih banyak penumpang kereta yang tidak mengetahui seluk beluk dari kereta itu sendiri. Sehingga, masih sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan hanya karena ulah dan ketidaktertiban dari para pengguna jasa kereta itu sendiri.

Si Roda Baja adalah sebuah animasi edukasi yang memberikan informasi mengenai kereta api di Indonesia. Animasi edukasi ini dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama merupakan pembukaan, menjelaskan tentang sejarah singkat kereta api. Bagian kedua akan menjelaskan jenis-jenis kereta api, stasiun-stasiun kereta api yang ada di Indonesia, petugas-petugas yang berkaitan, dan fasilitas-fasilitas yang ada. Sedangkan bagian ketiga merupakan penutupan, menjelaskan tentang kenapa masyarakat harus membiasakan diri untuk naik transportasi umum.

Kenapa Si Roda Baja? Karena roda baja adalah kata kiasan dari kereta.

Di dalam animasi edukasi ini terdapat 2 karakter yaitu seorang masinis dan seorang anak kecil laki-laki. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses penyampaian informasi agar terlihat tidak membosankan.

sr2

sr3

Warna-warna yang digunakan dalam animasi edukasi ini adalah warna komplemeter arau warna yang bertolak belakang. Penulis juga menggunakan basic shapes dalam mengolah 3D character dan environment dengan warna-warna cerah supaya gampang diingat dan memudahkan proses penyampaian informasi.

Animasi edukasi ini merupakan animasi yang menggunakan teknik pencampuran animasi 3D dan 2D dimana dimaksudkan untuk menghindari kebosanan penonton.

Dibawah ini adalah proses dari 3D modeling environment, compositing hasil akhir, dan 2D animasi dari animasi edukasi Si Roda Baja.

sr4

sr5

Animasi edukasi ini bertujuan untuk memupuk rasa bangga dan menghargai dari masyarakat Indonesia khususnya anak-anak akan apa yang dimiliki oleh negerinya. Dan memberikan pengetahuan kepada anak-anak bahwa kereta adalah transportasi umum yang aman dan nyaman sehingga tidak perlu takut dan gengsi.

Berikut adalah beberapa scene dari animasi edukasi Si Roda Baja.

sr6

 

Salam,

Dian Soraya Purba