s1

SIDES adalah sebuah film animasi pendek yang menceritakan tentang sisi baik dan sisi buruk seseorang yang divisualkan sebagai tokoh yang berbeda. Film ini menceritakan tentang seorang Kakek yang menunggu anaknya untuk menjemput dirinya. Di sela sela waktu menunggu, tanpa sengaja ia menjatuhkan kacamata miliknya, lalu kakek itu pun berdiri, berniat untuk mengambil kacamatanya itu. Akan tetapi ia malah tersandung kursi tempat duduknya sewaktu berjalan mencari kacamatanya, sehingga si Kakek pun tidak sadarkan diri. Waktu pun berhenti, jam berhenti berdetak. ketika itu pula, muncul sosok berwarna putih yang merupakan Sisi Baik dan sosok berwarna hitam yang merupakan perwujudan dari Sisi Buruk. Keduanya pun bertarung untuk memperebutkan jiwa sang Kakek. Sampai akhirnya keduanya seri, dan keduanya musnah… Jam pun kembali berdetak, dan seketika itu, anak si Kakek sampai dan masuk melihat Ayah nya yang sudah tidak sadar. Akhirnya Kakek pun bangun dari ketidaksadarannya dan melihat bahwa dia di rumah sakit. Menyadari bahwa dirinya baru selamat dari maut, ia pun bergerak kegirangan sampai akhirnya…………

s2

Dalam film animasi pendek SIDES, Visual karakter sengaja dibuat ikonik, hal ini tentunya agar mendukung genre film yang komedi dan mudah diingat, selain itu, hal tersebut juga dilakukan karena keterbatasan kemampuan penulis dalam hal teknis. Dalam film ini, value proposition yang di prioritaskan oleh penulis lebih ke arah gerak/animasi, maka dari itu, karakter di rancang se simple mungkin, akan tetapi tidak merubah perspektif orang dalam menanggapi/memahami karakter penulis dan tentunya tidak menurunkan/mengganggu value proposition penulis dalam gerakan. Walaupun demikian, penulis juga memberi perhatian lebih dalam menempatkan lighting ke dalam scene. Karena diceritakan dalam film ini, semua lokasi kejadian dalam film berada di dalam ruangan, sehingga membutuhkan lampu yang lumayan banyak. Tentunya, dengan penempatan lampu yang banyak, otomatis akan memakan waktu untuk proses rendering. Maka dari itu penulis memutuskan untuk mematikan opsi global illumination pada render settings. Mematikan global illumination artinya tidak ada pantulan cahaya dari objek, dan tentunya hal ini akan memakan waktu lagi, karena otomatis scene akan menjadi gelap, dan itu artinya harus diberikan tambahan lampu yang tidak sedikit.

s3

Ada beberapa scene yang memerlukan sampai 25 lampu lebih. Hal ini terjadi karena dalam suatu scene, kamera terus berganti/bergerak. sehingga perlu penyesuaian lighting agar tidak tidak belang. Walaupun memakan waktu untuk memasang lampu agar dapat mendapatkan shot yang baik, akan tetapi proses rendering akan lebih cepat dibandingkan ketika opsi global illumination di aktifkan, dan tentunya ini sangat membantu penulis untuk memberikan efisiensi waktu.

s4

Demikian sekilas proses pembuatan film animasi pendek SIDES. Semoga bermanfaat.

Terima kasih lhoo!

oleh,

Nathaniel Wangsaputra